Penyebab Rem Cakram Sering Macet

Penyebab Rem Cakram Sering Macet Pada Motor Baru

Penyebab rem cakram sering macet pada motor baru terdengar tidak masuk akal tapi kasus tersebut nyata adanya. Beberapa faktor menjadi pendukung macetnya rem cakram motor baru yang seharusnya tidak terjadi.

Bagi Anda yang sedang mengalami fase tersebut ada baiknya untuk tidak panik saat rem cakram macet. Biasanya penyebab rem cakram macet tidaklah serius apalagi untuk jenis motor baru. Hanya saja Anda harus tahu apa saja penyebab rem cakram macet supaya bisa merawat motor baru lebih maksimal.

Penyebab Rem Cakram Sering Macet Paling Umum

Membiarkan kondisi rem cakram macet bisa mengakibatkan efek kematian karena kecelakaan. Korbannya bukan hanya Anda saja namun juga orang lain. Jadi, ketahui penyebab rem cakram bisa macet supaya tidak menimbulkan kecelakaan bagi orang lain dan juga diri Anda sendiri.

1.       Karena Kotoran Menumpuk

Asal mula kotoran bisa masuk karena debu menumpuk dan akhirnya menempel pada piringan rem. Untuk menghindari penumpukan debu pada rem cakram, Anda harus rajin membersihkannya.

Jika rem tidak dibersihkan akibatnya isa membuat rem seret dan menjurus kepada

macet sewaktu-waktu. Untuk pembersihannya sendiri tidak sulit bahkan bagi wanita juga bisa melakukannya sendiri.

2.       Karena Penumpukan Karat

Letak karat yang bisa membuat rem cakram bisa macet karena menumpuk juga pada piringan rem. Untuk motor baru memang karat ini kecil kemungkinannya menempel di piringan rem, tapi tetap bisa terjadi jika motor baru tidak dijaga kebersihannya.

3.       Karena Kampas Rem

Untuk penyebab kampas rem ini menjadi bagian dari luar rem yang mana posisinya menempel langsung pada roda kendaraan. Fungsi dari kampas rem ialah untuk menghindarkan gesekan antara piringan cakram dengan roda kendaraan supaya aman.

Baca Juga :  Lakukan Pemeriksaan Wheel Alignment Berkala Agar Suspensi Dan Performa Ban Tetap Terjaga

Karena mengalami gesekan dengan roda secara langsung, kampas rem lama kelamaan akan aus dan habis. Inilah yang menjadi penyebab rem tidak bisa memiliki fungsi dengan sempurna bahkan menimbulkan suara decit ketika rem ditarik.

Penyebab rem cakram macet meski pada motor baru karena pemasangannya yang kurang pas atau bisa juga jika Anda menggantinya dengan suku cadang yang tidak asli.

Cara Mengatasi Rem Cakram Macet pada Motor Baru

Mencari cara untuk mengatasi rem cakram macet sama mudahnya dengan mengetahui penyebab rem cakram sering macet bahkan pada motor baru. Cara menanganinya juga harus sesuai dengan alasan kenapa rem bisa macet baik karena kotoran, karat atau kampas remnya sendiri.

1.       Jika Karena Kotoran

untuk rem cakram yang macet karena kotoran atau debu langkahnya cukup sederhana yakni dengan membersihkannya. Bisa saja motor baru memang sudah kotor karena jarang terpakai namun debu terus menempel disana.

Cara pembersihannya dengan melepas kaliper dan komet master rem dengan air lalu lap hingga bersih. Jika sudah bersih pasang kembali dengan posisi yang benar supaya rem cakram tidak macet.

2.       Jika Karena Karat

Sama dengan cara membersihkan jika terkena kotoran, karat juga harus dibersihkan secara total. Jika sudah bersih olesi kaliper dengan grease sebelum memasangnya kembali dengan cara yang benar.

3.       Jika Karena Kampas Rem

Satu-satunya cara adalah datang ke bengkel resmi dan mengganti kampas rem serta memasangnya dengan benar.

Jadi itulah tiga penyebab rem cakram sering macet padahal motor masih baru terpakai beberapa waktu. Setidaknya dengan tahu penyebab dan cara mengatasi rem cakram macet, Anda tidak langsung panik dengan kondisi rem motor Anda yang mungkin bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.