Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Cara Mudah Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Karburator memiliki fungsi penting, yakni sebagai sistem pembakaran motor. Meskipun motor dengan sistem pengabutan elektrik (injeksi) sangat banyak beredar di pasaran, ternyata kendaraan dengan pembakaran karburator masih banyak peminatnya. Melihat peran karburator yang sangat penting, Anda perlu memastikan kondisinya secara berkala. Oleh karena itu, di artikel ini Anda akan memahami cara memperbaiki karburator motor di rumah secara mudah.

Gangguan pada karburator bisa saja terjadi, seperti adanya kotoran yang menumpuk. Alhasil performa motor Anda akan terganggu, misalnya sering mogok, tersendat-sendat, dan susah dihidupkan.

Karena pentingnya karburator ini, Anda perlu menjaga kebersihan motor, supaya selalu prima. Maka dari itu, simak ulasan ini hingga selesai, untuk pemahaman yang menyeluruh!

Langkah-Langkah Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Sebelum menuju pada langkah perbaikannya, Anda perlu menyiapkan alat-alat pendukungnya, yakni kacamata, sarung tangan, dan topi. Pastikan juga proses pembongkaran karburator berada di luar ruangan, contohnya teras rumah Anda.

Persyaratan alat lainnya seperti, (1) driver sekrup, blade lurus, kepala silang berukuran satu dan dua, (2) perangkat soket standar serta metrik, (3) baja dengan ukuran metrik dan standar, (4) pembersih karburator/ bahan kimia WD40.

Setelah Anda mengenal alat-alat dan mulai mempersiapkannya, berikut tutorial memperbaiki karburator motor di rumah, yang bisa Anda ikuti.

1.    Proses Pembongkaran

Pada umumnya bagian karburator digabungkan dengan baut dan penjepit saling melingkar di area manifold inlet. Untuk langkah pertama Anda perlu memastikan bahan bakar utamanya, lalu keringkan ruang apung di karburator.

Kemudian Anda bisa membalik posisi karburator, untuk melihat empat sekrup yang mempertahankan ruang pelampung.

Setelah bagian kawat terlepas, bilik karburator membutuhkan penekanan yang tajam. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan obeng, agar dapat terlepas dari paking.

Baca Juga :  Tips Custom Body Kit Mobil, Kesan Elegan Dompet Aman

2.    Proses Pembersihan Sistem Pelampung

Motor klasik bisanya memanfaatkan sistem dua jet di karburator. Pertama, jet primer untuk mengontrol aliran bahan bakar, baik dari throttle idle menuju sepertiganya.

Kedua, jet utama merupakan dua pertiga dari sisanya. Bisanya jet primer memiliki ukuran mini, sehingga sering terhalang dan membuat kondisi bensin tidak memadai.

Sederhananya, sepeda membutuhkan choke berjumlah kecil, untuk mematikan dan mengatasi jet primer di motor. Untuk itu Anda perlu membersihkannya secara menyeluruh, atau menggantinya, jika terjadi kerusakan cukup parah.

3.    Penyesuaian Udara Pada Sekrup

Selanjutnya untuk memperbaiki karburator motor di rumah, Anda perlu mengeluarkan sekrup penyesuaian udara (bahan bakar) pada motor. Untuk mengidentifikasi jenis sekrup penyesuaian udara, Anda perlu memeriksa sekrup di slide.

Umumnya letak sekrup penyesuaian udara terletak di sisi filter udara slide. Dan jika sekrup terletak di sisi mesin, maka itu merupakan komponen sekrup pengatur bahan bakar.

4.    Mengamati Setiap Posisi Sekrup

Sebelum proses pelepasan komponen karburator, Anda perlu memperhatikan posisi semua sekrup di sana. Saat Anda berhasil membongkar komponen tersebut, pastikan peletakkan sekrup berada di tempatnya semula.

5.    Bersihkan dan Proses Merakit Ulang

Berikutnya komponen yang terlepas perlu dibersihkan menggunakan cairan pembersih karburator. Anda pun perlu menyiramkan cairan itu ke lubang-lubang yang ada di sana.

Anda bisa menggunakan cairan kimia WD40 dan meletakkan kembali karburator di motor Anda. Jika pemasangan ini tidak dilakukan segera mungkin, karburator dapat disimpan di wadah plastik, agar tidak berdebu.

Selengkapnya mengenai langkah-langkah memperbaiki karburator motor di rumah. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda dapat membersihkan dan mengecek kondisi karburator secara berkala, agar performa motor semakin baik. Sekali lagi, dalam pembongkaran karburator Anda membutuhkan ketelitian, agar tidak salah meletakkan beberapa komponen di tempat awalnya.

Baca Juga :  Kapan Ganti Oli Gardan untuk Mobil dan Motor agar Tahan Lama?

Leave a Reply

Your email address will not be published.