Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

3 Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

Bagi Anda yang masih menggunakan motor rem tromol, tentu memiliki masalah yang sama dengan pengendara lainnya, yakni timbulnya suara berdecit. Suara decit motor dari arah belakang memang tidak nyaman.

misalnya menimbulkan kegaduhan dan membuat pengendara lainnya tidak nyaman. Untuk itu, jika Anda sedang mengalami masalah demikian, simak ulasan ini tentang cara mengatasi rem motor tromol berdecit.

Biasanya masalah bunyi decit dari rem belakang tromol, juga memperlihatkan kondisi motor yang kurang baik. Anda perlu mengecek ulang performa setiap komponen motor.

Hal ini penting untuk Anda lakukan agar tidak menimbulkan masalah kerusakan pada rem motor. Alhasil aktivitas berkendara Anda juga bisa berjalan lancar sekaligus nyaman.

Bagaimana Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

Umumnya motor berjenis matic, selalu menggunakan rem tromol untuk pengereman belakang. Hanya saja, jika terjadi masalah pada bagian ini, akan mengganggu pengendara melakukan riding. Suara decit yang timbul pada motor rem jenis tromol, disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya kotornya rumah/wadah tromol.

Berikut akan dijelaskan cara mengatasi rem motor tromol berdecit, agar Anda bisa melakukan perawatan secara rutin. Sehingga performa motor Anda tetap baik dan aman saat digunakan untuk beraktivitas setiap harinya.

1.    Bersihkan Area Tromol dan Permukaan Kampas Rem

Penyebab paling umum, timbulnya suara decit pada motor Anda adalah rem tromol dan permukaan kampas rem yang kotor. Anda perlu jeli memperhatikan area tersebut, karena memang mudah kemasukan debu. Selain itu faktor lainnya adalah terlalu sering digunakan oleh pemilik.

Saat Anda terlalu sering menggunakan motor, di saat itu pula Anda mungkin saja menginjak tuas rem, sehingga kampas rem secara otomatis terkikis. Dari situ, akan timbul debu-debu yang berada di area rem tromol dan menghasilkan suara decitan.

Baca Juga :  Sejarah! 4 Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa membongkar tromol dan membersihkannya secara menyeluruh. Idealnya Anda perlu membersihkan area rem tromol dua bulan sekali.

2.    Mengganti Kampas Rem yang Baru

Cara mengatasi rem tromol berdecit dengan mengganti kampas rem nya, bisa Anda lakukan jika kondisi kampas sangat tipis dan aus. Kondisi aus-nya kampas rem ini, karena terjadi gesekan antara rumah tromol dan tatakan kampas. Hal ini berlanjut dengan suara nyaring, akibat dua metal yang saling bersinggungan.

Penggantian kampas rem baru, tidak boleh dilakukan secara asal. Karena sebelumnya Anda perlu mencermati kondisi rumah tromolnya terlebih dahulu.

Jika rumah tromol juga ikut terkikis, maka cara ini akan sia-sia dilakukan.Hasilya Anda perlu membeli 1 set kampas rem baru dan rumah tromol yang baru.

3.    Jangan Melakukan Pelumasan di Area Tromol

Jika motor Anda mengalami kontaminasi cairan setelah dicuci ataupun setelah pelumasan, maka bunyi decit akan timbul pada motor Anda.

Hal ini disebabkan, air yang bercampur debu masuk ke rumah tromol, serta pelumasan terlalu sering di area tersebut. Padahal area rumah tromol tidak perlu dilumasi, karena akan menghasilkan gemuk yang meleleh.

Pelumasan pada rumah tromol, bisa berakibat pemanasan mesin, sehingga timbul gemuk yang meleleh. Hal ini terjadi ketika roda berputar dan kampas rem saling bergesekan dengan rumah tromol. Akibatnya dari cairan gemuk, debu-debu kecil menempel di rumah tromol dan menghasilkan suara decitan begitu nyaring.

Selengkapnya tentang tiga cara mengatasi rem motor tromol berdecit yang bisa Anda praktekkan. Melalui ulasan ini Anda dapat memahami, sebab-sebab rem tromol pada motor Anda menimbulkan suara tidak nyaman, sekaligus mengganggu. Oleh sebab itu, pemahaman ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami hal demikian.

Baca Juga :  Pilihan 4 Motor Scrambler Terbaik dengan Tampilan Keren

Leave a Reply

Your email address will not be published.