cara membuat mika lampu mobil dari akrilik

Cara Membuat Mika Lampu Mobil dari Akrilik: Reparasi Mudah Terjangkau

Bagi suatu kendaraan terlebih saat melakukan perjalanan, peran lampu mobil sangat penting sebagai penerang. Terlebih lagi jika keadaan jalan yang dilalui sangat minim pencahayaan. Apabila aksesoris pada lampu mobil seperti mika rusak, maka fungsi dari lampu mobil akan terganggu.

Tentunya reparasi lampu mobil tidaklah semurah yang dibayangkan. Anda dapat mencoba cara membuat mika lampu mobil dari akrilik agar biaya yang dikeluarkan tidak membludak.

 

Bagaimana akrilik dapat menjadi pengganti dari mika lampu? Berikut penjelasannya.

Haruskah Mengganti Mika lampu?

Mika atau kaca dari lampu mobil adalah komponen terluar dari mobil yang mana sangat rentan untuk kotor, buram, dan menguning. Pemakaian yang lama dan kurangnya maintenance juga dapat menyebabkan masalah timbul pada mika lampu.

 

Restorasi lampu secara keseluruhan meliputi restorasi mika lampu yang pecah, retak sebagian, maupun keseluruhan. Hal tersebut juga dapat sekaligus memperbaiki dudukan atau reflektor lampu yang retak.

 

Restorasi mika lampu yang retak atau pecah masih dapat diperbaiki dengan cara ditambah ataupun dilem. Berbeda dengan mika lampu yang sudah menguning, satu-satunya cara untuk reparasi adalah mengganti dengan komponen yang baru.

 

Apabila mika hanya pecah di bagian satu titik maka restorasi mika lampu dapat dilakuka hanya pada bagian atau titik yang pecah tanpa perlu mengganti keseluruhan lampu.

 

Pemilik mobil sudah sepatutnya memahami bahwa kesehatan lampu mobil adalah hal yang utama. Sebab jika lampu mobil mengalami keretakan atau bahkan bolong akan menyebabkan air hujan yang turun merusak unit lampu.

 

Cara Membuat Mika Lampu Mobil dari Akrilik yang Mudah

Untuk melakukan reparasi mika lampu mobil dengan akrilik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dengan catatan bahwa lampu mobil yang ingin direparasi telah dilepas terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kapan Ganti Oli Gardan untuk Mobil dan Motor agar Tahan Lama?
  • Lakukan pembuatan model untuk menyesuaikan panjang dan lebar dari lampu mobil yang ingin direparasi. Pembuatan model dapat dilakukan dengan menggunakan kertas tebal seperti manila.
  • Model tersebut digunakan untuk memotong akrilik berketebalan 3mm. Pemotongan akrilik yang masih terbungkus karton dilakukan dengan gergaji elektrik
  • Setelah terpotong, kemasan akrilik yang berupa karton dilepas. Kemudian akrilik tersebut dipanggang di atas kompor yang telah dialasi dengan beberapa alas kain dan besi. Tujuan pemanggangan adalah untuk melunakkan akrilik agar dapat dibentuk menyesuaikan lampu mobil.
  • Pada bagian tepi lampu mobil yang telah dipasangi mika akrilik terdapat beberapa akrilik yang masih tersisa. Sisa dari akrilik ini dipotong dan dirapikan kembali menggunakan gergaji elektrik.
  • Agar tampilan dari lampu mobil terlihat baru bukan hanya pada bagian penutup mikanya, maka pemberian cat pilox di bagian tepi sangat direkomendasikan. Sebelumnya pinggiran dari mika lampu tersebut sebaiknya di masking menggunakan selotip terlebih dahulu agar tidak cat tidak mengenai mika lampu.
  • Langkah terakhir dari cara membuat mika lampu mobil dari akrilik ini adalah melepaskan selotip masking tadi saat cat dirasa telah mengering. Kemudian mika lampu dicat sekelilingnya menggunakan cat khusus akrilik dan plastik untuk direkatkan dengan lampu utamanya.
  • Lampu mobil dengan tampilan mika penutup yang baru sudah dapat Anda pasang kembali ke mobil Anda.

 

Cara membuat mika lampu mobil dari akrilik tersebut bisa dengan mudah dilakukan sendiri di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.