Fungsi Oli Gardan Mobil

Ini 3 Fungsi Oli Gardan Mobil yang Sangat Penting!

Anda kebiasaan menunda ganti oli gardan mobil? Coba cari tahu pentingnya fungsi oli gardan mobil yang akan dijelaskan di bawah ini.

Oli merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menstabilkan performa mobil. Maka dari itu, sangat penting untuk tidak menundanya.

Inilah Fungsi Oli Gardan Mobil

Oli gardan mobil memiliki peran yang sangat penting, salah satunya terdapat beberapa fungsi yang di antaranya adalah:

1.    Melapisi Transmisi Mobil

Fungsi pertama oli gardan digunakan sebagai pelapis transmisi kontak gigi gardan. Fungsi ini sangat penting untuk mobil Anda untuk menghindari risiko kerusakan yang membuat kendaraan mobil Anda menjadi tidak awet.

Apalagi jika Anda sering menggunakan mobil tersebut untuk perjalanan jauh. Maka dari itu, jangan sampai lupa mengganti oli gardan pada waktunya, ya!

2.      Mengurangi Gesekan Gardan

Pada gardan terjadi peristiwa gesekan, dengan mengganti oli gardan secara rutin dapat meminimalisir gesekan keras dengan menahan pergerakan dinamis komponen gardan pada mobil.

Dampaknya ketika Anda tidak menggunakan oli ini, putaran dan jalan kendaraan bisa terhambat. Mobil memiliki kebutuhan oli gardan yang berbeda dengan motor, karena memang mobil memiliki spesifikasi khusus dalam menggunakan oli gardan seperti kadar kekentalannya.

3.      Menjaga Kestabilan Suhu Gardan

fungsi yang tidak kalah pentingnya dari oli gardan yakni sebagai pendingin mesin. Sebab jika mesin mobil mengalami overheat performa mobil menjadi berkurang dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mobil itu sendiri.

ketika oli gardan habis kecepatan mobil dapat terhambat dan bunyi kasar gerakan transmisi pun akan terdengar keras, tentu hal ini sangat tidak nyaman kan?

Nah itulah 3 fungsi oli gardan utama yang perlu Anda ketahui. Maka dengan ini akan sangat berbahaya jika Anda lupa melakukan penggantian oli gardan.

Baca Juga :  Mengenal Perbandingan Honda Brio Lama dan Baru

Ciri-ciri Mobil Harus Ganti Oli Gardan

Lalu, kapan waktu yang tepat dalam melakukan penggantian oli gardan? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa ciri mobil perlu mengganti oli gardan.

Terdengar Suara dari Kolong Mobil

ciri yang paling mudah untuk dikenali ketika Anda lupa mengganti oli gardan yakni Anda akan mendengar suara dengung dari kolong mobil.

Suara dengung ini disebabkan oleh permukaan gear yang tidak licin lalu bergesekan. Maka dari itu, Anda tidak boleh menundanya lagi jika ciri ini timbul.

Getaran Pada Bodi Mobil Sangat Terasa

Ketika Anda lupa mengganti oli gardan, maka bodi mobil akan terasa bergetar kencang. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam berkendara.

Untuk menguji adanya getaran ini Anda bisa mengendarainya dengan melewati jalan menurun pada saat berbelok.

Ketika Anda merasakan getaran tersebut, Anda tidak boleh menunda lagi untuk mengganti oli gardan hal ini bisa mengakibatkan hal yang lebih serius lagi.

Perubahan Warna Oli

ciri terakhir  yang bisa Anda temukan dari keterlambatan mengganti oli gardan ialah adanya perubahan oli. Anda bisa melakukan pengecekan pada saat menservis kendaraan di bengkel.

Meskipun kedua tanda di atas tidak Anda rasakan, tetapi perubahan warna sudah terlihat, maka Anda wajib melakukan penggantian oli.

Di mana oli ini akan berubah warna menjadi putih keabu-abuan ataupun berwarna abu metalik saat oli tersebut sudah tidak layak digunakan.

Selain warna, Anda pun bisa melihat kadar kekentalan dari oli tersebut, jika kadarnya sudah terasa encer Anda harus melakukan penggantian oli.

Jika ketiga ciri di atas timbul pada kendaraan Anda, maka jangan sesekali untuk menundanya, ya. segara ganti oli, sebab fungsi oli gardan mobil sangatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.