Kopling Hidrolik Vixion: Ubah Daya Tarikan Motor Lebih Halus

Kendaraan yang dibeli lebih dari 5 tahun akan memiliki perbedaan seperti penurunan performa. Terkadang yang terpikirkan adalah mengganti kendaraan yang saat ini dimiliki dengan kendaraan versi baru. Namun solusi tersebut harus didukung oleh biaya yang sangat besar. Sehingga pemasangan aksesoris seperti kopling hidrolik vixion bisa mengubah performa motor lama terasa seperti baru.

 

Mengapa kopling hidrolik bisa mengubah performa tanpa mengeluarkan uang hingga belasan juta? Inilah alasannya!

Kopling Hidrolik dan Komponen Pendukung untuk Pemasangan

Pada dasarnya kegunaan sebuah kopling hidrolik adalah menjadi aksesoris tambahan yang menambah daya tarikan motor sport terasa seperti motor gede. Tarikan yang dirasakan pada motor sport tersebut akan menjadi sangat halus dan tidak terasa karena sangat nyaman.

 

Perbedaan antara kopling hidrolik dengan kopling mekanis terletak pada cara kerja dan komponen yang digunakan. Keduanya menggunakan rem cakram depan berupa master kiri, selang penyalur minyak, serta piston hidrolik. Master kiri dari kopling hidrolik akan digunakan untuk meneruskan tekanan dari master rem lalu menekan dan melepas kopling di mesin.

 

Proses pemasangan kopling hidrolik dilakukan seperti memasang sistem pengereman. Ketika semua komponen sudah terpasang maka angin yang ada di saluran hidrolik perlu untuk dibuang agar tidak ada angin palsu dan sistem bekerja secara normal.

 

Komponen pendukung yang dibutuhkan saat memasang kopling hidrolik yaitu master pump kopling hidrolik motor. Penggunaan master pump saat pemasangan kopling hidrolik memberikan keuntungan pada perekonomian karena tidak perlu membeli paket master rem hidrolik.

 

Seri master pump hidrolik terbaru yang ditambahkan ke motor sport bisa memberikan kesan mewah seperti menunggangi motor gede layaknya ducati. Master pump tersebut juga membuat pengguna motor tidak kelelahan seperti saat menggunakan per kopling racing biasa.

Baca Juga :  Bagaimana cara mengatasi rpm suzuki swift mati?

 

Harga master pump sangat beragam mulai dari Rp590.000-an. Master pump untuk kopling hidrolik vixion KTC (Kitaco) masih berapa pada harga jual Rp590.000.

Cara Pasang Kopling Hidrolik Vixion

Pemasangan kopling hidrolik vixion dapat dilakukan berdasarkan cara-cara berikut:

  1. Pertama-tama lakukan pembukaan pada setelan kopling yang berada di rem kiri dan tersambung hingga bawah mesin motor.
  2. Pasangkan kopling kanan dan kiri yang mana kedua kopling tersebut biasa dijual terpisah. Kopling pertama umumnya menggunakan kopling hidrolik RCB sedangkan selang rem menggunakan jenis TDR.
  3. Terdapatnya ujung pada nozzle pada bagian atas dan bawah digunakan sebagai tempat pembuangan angin
  4. Untuk melihat adanya angin yang mengisi pada hidrolik maka isikan selang dengan minyak
  5. Pompa angin yang masih tersisa dalam selang dengan cara menekan rem kiri secara kontinu hingga tidak ada angin yang tersisa.
  6. Sisa-sisa minyak yang digunakan tadi dapat dibersihkan dengan air sabun jika semua angin telah berhasil dikeluarkan
  7. Kopling hidrolik vixion sudah sempurna terpasang, maka baut dapat dipasang kembali.

 

Saat ini dengan adanya cara mudah untuk meningkatkan performa mesin motor sport melalui penambahan aksesoris kopling hidrolik vixion maka pembelian kendaraan baru dalam lima tahun ke depan dapat dihindari. Performa kendaraan yang baik akan bergantung kepada bagaimana sang pemilik melakukan maintenance secara terus menerus dan berulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.