rem tektro vs shimano

5 Perbedaan Rem Tektro VS Shimano

Keamanan bersepeda menjadi hal yang wajib diperhatikan agar selamat. Salah satu hal yang wajib ada pada sepeda ialah rem. Banyak merk rem di pasaran dengan harga dan kelebihan masing-masing. Seperti Tektro dan Shimano yang menjadi incaran banyak orang, lalu lebih bagus mana rem Tektro vs Shimano.

Penjelasan di bawah akan menjabarkan mengenai salah satu seri rem dari merk Tektro dan Shimano. Kedua rem tersebut memiliki harga yang lumayan jauh, hanya saja dari seri kegunaan hampir sama. Komponen keduanya juga sedikit berbeda penjelasan lebih lanjut akan dijabarkan di bawah. Berikut perbedaan rem tektro vs shimano:

Merk Tektro Seri Orion 4 + 2 Piston

Tektro menjadi salah satu merk rem yang sering digunakan untuk pengguna sepeda gunung. Pasalnya seri dari merk ini memiliki keunggulan dan kualitas bagus. Seperti seri Orion 4 + 2 piston ini yang cukup banyak memiliki keunggulan. Untuk detail lebih lanjut berikut ulasan mengenai rem Tektro Orion 4 + 2 Piston:

1. Sistem Pengereman

Seri ini memakai varian hidrolik dan berada di kelas menengah ke atas. Sistem pengereman menggunakan 4 Piston kaliper rem depan dan 2 piston kaliper rem belakang. Artinya bekerja menjepit kampas rotor sebesar 4 piston rem depan dan 2 piston rem belakang. Ukuran kampasnya lebih besar kampas depan daripada belakang.

2. Bahan Kampas Rem Yang Digunakan

Seri Orion ini menggunakan bahan kampas dari keramik dengan daya tahan tinggi. Bahan ini memiliki keunggulan seperti lebih awet, ringan, dan bisa mengurangi panas. Sehingga pengguna bisa nyaman saat mengendarai sepeda. Dengan kampas keramik ini juga akan memaksimalkan fungsi rem itu sendiri.

3. Desain Tektro Orion 4 + 2 Piston

Dengan bahan alumunium dan desain yang keren rem seri ini memiliki warna hitam. Pada handle everest tertera nama merk Tektro juga pada bagian kapilernya. Di tuas handle terdapat baut untuk setelan jangkauan tuas handle lever dari handle.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Berdecit

4. Keunggulan Seri Orion 4 + 2 Piston

Dari segi keunggulan rem merk Tektro seri Orion 4+2 piston terletak pada bagian bossing bautnya. Setelan handle juga ringan dan terdapat bantalan pada bossing lever untuk Kenyaman pengguna. Hal ini membuat lebih terlihat keunggulan rem Tektro VS Shimano.

5. Harga Tektro Orion 4 + 2 Piston

Dari banyaknya keunggulan dan ketangkasan rem ini maka tidak heran jika harganya mencapai jutaan. Pengguna bisa memperoleh rem seri ini dengan harga kisaran dua juta. Hanya saja karena banyaknya pengguna yang menginginkannya maka stok untuk produk sedikit sulit dicari.

Merk Shimano Seri Deore M6100 2 Piston

Tidak seperti merk sebelumnya merk Shimano lebih terjangkau harganya. Namun, kualitas dan daya tahannya juga tidak begitu buruk. Buktinya banyak pengguna yang suka dengan seri ini karena kenyaman menggunakan. Detail dari merk Shimano dengan seri Deore M6100 2 piston akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Sistem Pengereman

Untuk sistem pengereman yang digunakan sangat di bawah merk Tektro. Seri ini menggunakan sistem pengereman 2 piston pada rem depan dan belakangnya. Untuk itu jika digunakan untuk bersepeda yang ekstrim tidak begitu aman.

2. Bahan Kampas Rem Yang Digunakan

Deore M6100 2 piston ini menggunakan kampas yang berbahan resin metal dengan campuran. Bahan ini tidak begitu awet. Namun, masih baik untuk digunakan pada tipe rem hidrolik pada umumnya.

3. Desain Shimano Deore M6100 2 Piston

Sama dengan Tektro desain dari seri ini sangat keren dengan warna hitam yang elegan. Ada 1 baut pada tuas handle untuk setelan jangkauan tuannya. Panjang kabel rem depan 100 cm dan panjang kabel rem belakang 170 cm. Kabel ini menggunakan seri Shimano OBH 90 yang lebih baik dari seri keluaran sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Ganti dan Ukuran Wiper Avanza Yang Sesuai 2021

4. Keunggulan Deore M6100 2 Piston

Sesi ini didukung oleh sistem Ice-tec jadi jika breakfast habis bisa diganti dengan seri J02 atau J04 yang disertai PIN. Saat akan instalasi pengguna cukup renggangkan baut dan memasang komponennya.

5. Harga Shimano Seri

Deore M6100 2 Piston

Karena rem dibuat di Malaysia maka bisa menghemat biaya kirim. Juga kelengkapan yang cukup baik tetapi nyaman digunakan ini dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga 1 juta an. Harga ini cukup ramah kantong untuk kualitas yang baik.

Penyuka sepeda pasti akan mencoba untuk mengganti-ganti komponen di sepeda agar tampil lebih bagus. Misalnya saja rem untuk keamanan dan kenyamanan pengguna. Ulasan mengenai rem Tektro vs Shimano di atas bisa menjadi referensi untuk membeli rem baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.