cara menggabungkan dua mesin motor

Penjelasan Cara Menggabungkan Dua Mesin Motor

Mesin dua silinder adalah dua mesin yang dirakit dengan cara menggabungkan dua mesin motor dijadikan satu dalam satu motor sehingga mesinnya ada dua. Biasanya mesin akan terlihat lebih besar daripada umumnya atau terlihat berjajar dua tergantung jenis motornya. Untuk menjadikan mesin menjadi dua silinder harus menggunakan mesin baru bukan mesin bekas. Contoh motor yang mesinnya bisa digabungkan jadi dua yaitu Ninja, Honda dan masih banyak lagi.

Cara Menggabungkan Mesin Motor

Standarnya mesin motor hanya ada satu namun bukan berarti tidak bisa mengubah atau menambahnya. Penambahan mesin menjadi dua tentu dilakukan oleh pemiliknya dengan berbagai tujuan. Yuk simak bagaimana cara menambah satu mesin di motor yang memiliki satu mesin yaitu :

1. Pergi Ke Bengkel

Pergi ke bengkel adalah salah satu cara menggabungkan dua mesin motor dengan aman. Ini karena tentunya orang yang menggabungkannya sudah mengerti dengan detail bagaimana kapasitas motor merek tersebut. Pihak bengkel juga akan lebih memahami bagaimana posisi penggabungan dua mesin pada satu motor seperti dibuat sejajar, disambungkan dan lain-lain. Dengan cara ini tentu pemilik motor bisa lebih tahu bagaimana kekurangannya sehingga dapat merawat dengan baik.

2. Menyambungkan Mesin Dengan Crankshaft

Crankshaft akan menjadikan cara menggabungkan dua mesin motor menjadi lebih mudah. Cukup membeli crankshaft yang tersedia di pasaran maka dua mesin bisa dijadikan satu. Tidak perlu pusing memikirkan cara penggabungannya karena dengan adanya crankshaft dua mesin bisa dijadikan satu. Dua mesin nantinya akan disambungkan dengan crankshaft sebagai penghubungnya dan hasilnya seperti boxer atau inline.

3.  Membuat Jalur Stang Piston

Jalur stang piston bisa dibuat agar dua mesin bisa menempel pada satu motor. Stang piston harus diatur jaraknya agar saat kedua mesin dipasang nantinya tidak akan terlalu rapat. Tetap ada jarak diantara kedua mesin tersebut yang bisa diatur sebelumnya saat membuat penghubung motor dengan mesin yang menyerupai kunci. Jarak antara kedua mesin juga harus diperkirakan dengan tepat karena nantinya akan tampak seperti L-Twin atau V-Twin.

Baca Juga :  4 Motor Matic Yamaha Paling Irit Beserta Spesifikasinya

Kelebihan Menggabungkan Dua Mesin Pada Satu Motor

Memilih memakai dua mesin di motor yang seharusnya menggunakan satu mesin memang tidak ada larangan atau peraturan yang melarangnya. Pada umumnya orang-orang tertarik menggabungkan dua mesin satu mesin karena kelebihan yang akan didapat. Mari ketahui apa kelebihan menambah satu mesin di motor mesin silinder satu yaitu :

  • Suara mesin motor terdengar lebih berat dan keras
  • Menjadi daya tarik tersendiri untuk diri sendiri maupun orang lain saat mendengarkan mesinnya atau melihat tampilannya. Tampilan motor tentu akan berbeda pada motor pada umumnya sehingga menjadikannya unik, cantik dan menarik.

Kekurangan Menggabungkan Dua Mesin Pada Satu Motor

Sebelum melakukan perubahan motor menjadi dua mesin harus diketahui kekurangannya. Tujuannya agar bisa meminimalisir adanya masalah pada komponen dan merusak komponen lainnya. Mari ketahui apa saja kelemahan modifikasi dua mesin yaitu :

  • Membutuhkan perawatan lebih
  • Membutuhkan mesin atau bahan bakar lebih banyak dari sebelumnya. Uang yang dikeluarkan tentu lebih dari biaya bakar biasanya karena bisa menghabiskan bahan bakar dua kali dibandingkan sebelumnya.
  • Membuat pengeluaran menjadi lebih banyak karena harga komponen-komponennya tidak murah. Mengingat beberapa komponen merek motor yang sulit didapatkan sehingga menjadikan harganya tinggi.

Itulah cara menggabungkan dua mesin motor yang bisa dilakukan jika menginginkannya. Hanya saja jika motor tidak memenuhi kapasitas untuk ditambahkan satu mesin lagi jangan dipaksakan. Itu karena bisa berakibat buruk pada kinerja motor yang tidak seperti normalnya. Lakukan pengecekan sebelum penambahan mesin motor agar tidak berdampak buruk bagi pengendara saat mengendarainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.