suara mesin motor kasar saat digas

Ketahui Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Di Gas dan Cara Mengatasinya

Seringkali motor kesayangan mengalami beberapa masalah misalnya, suara mesin motor kasar saat di gas. Pastinya membuat suara motor lebih berisik dan mengganggu. Berkendara dengan motor pun menjadi tidak nyaman. Hati-hati, bisa jadi suara motor yang kasar adalah pertanda adanya masalah besar di mesin. Maka dari itu, mari ketahui apa penyebab masalah plus bagaimana cara mengatasinya di bawah ini!

1. Oli Mesin Jarang Diganti

Oli memiliki fungsi penting untuk melumasi komponen pada mesin motor. Jika oli tidak diganti maka oli menjadi kotor bahkan kering. Mesin pun tidak terlumasi dengan baik dan menyebabkan suara mesin motor kasar saat di gas. Suaranya tidak hanya seperti besi bergesekan.

Terkadang ada yang terdengar seperti suara ketukan (klitik-klitik). Cara mengatasinya adalah mengecek oli pada motor. Lalu, gantilah apabila oli cukup menghitam. Jadwalkan ganti oli secara rutin agar masalah yang sama tidak terulang.

2. Kompresi pada Motor Bocor

Bila kompresor motor bocor, maka otomatis kinerja motor menurun dan suara mesin menjadi kasar. Tenaga motor pun juga hilang. Suara yang timbul karena bocornya kompresor seperti bunyi pembakaran yang kasar dan disertai asap putih dari knalpot.

Jika tidak segera diperbaiki, kondisi mesin akan semakin parah dan membuat motor mogok. Apabila menemukan gejala seperti yang dijelaskan di atas, segera bawa ke bengkel. Mekanik atau montir akan mencari sumber kebocoran dan memperbaikinya.

3. Timing Chain Kendor Atau Tidak Presisi

Timing chain atau rantai keteng kendor acapkali menyebabkan suara mesin motor kasar saat di gas. Suara motor akan berbunyi tek-tek saat berkendara. Bunyi itu disebabkan karena pemasangan timing chain yang tidak presisi atau sudah kendor.

Baca Juga :  Penyebab Rem Cakram Sering Macet Pada Motor Baru

Jika mengalami kondisi di atas, datangi bengkel untuk mengecek kondisi rantai motor. Jika pemasangannya tidak presisi, biasanya hanya dilakukan pemasangan ulang. Namun bila rantainya sudah kendor, rantai keteng harus diganti dengan yang baru.

4. Baut Motor Sudah Kendor

Masalah ini kerap terjadi pada cover mesin motor. Jika bautnya kendor, cover mesin akan beradu dengan komponen mesin lainnya. Sehingga, menyebabkan suara mesin motor kasar saat di gas. Jika tidak segera ditangani, akan mengakibatkan bracket atau cover menjadi oblak. Cara mengatasinya adalah cukup kencangkan baut pengikat bracket. Kencangkan dengan menggunakan kunci.

5. Adanya Masalah pada Piston

Piston adalah komponen penting pada mesin yang terletak pada silinder blok motor. Kondisi piston yang kurang terawat, tentu akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya dapat menimbulkan bunyi klotok-klotok saat berkendara.

Masalah ini juga kerap ditemukan pada mobil. Untuk memperbaiki masalah pada piston, harus dilakukan oleh ahlinya. Hal ini dikarenakan untuk memperbaiki piston, motor harus dibongkar dan membutuhkan banyak peralatan. Maka dari itu, lebih baik dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

6. Usia Motor Sudah Tua

Usia motor yang sudah cukup tua tentunya membuat fungsi mesinnya sedikit menurun. Ada banyak sekali komponen mesin yang mulai tidak stabil kinerjanya. Kerja mesin yang tidak stabil inilah yang bisa jadi menyebabkan suara motor kasar.

Cara mengatasinya, pemilik motor harus rajin servis. Pastikan kondisi motor selalu dalam kondisi baik dengan perawatan yang sesuai prosedur pabriknya. Apabila ada komponen mesin yang tidak stabil, segera ganti komponen dengan yang baru.

Itulah beberapa sebab dan langkah untuk mengatasi suara motor kasar saat di gas. Memang penyebab dari masalah suara motor kasar ini cukup beragam. Maka dari itu, pemilik motor harus peka pada masalah yang terjadi. Untuk mencegah masalah yang terjadi pada motor, pemilik motor dapat melakukan langkah preventif dengan service motor secara rutin.

Baca Juga :  Pilihan Tepat, Harga Resmi Honda CB150X Dirilis, Cuma Rp 32-33 Jutaan Saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.