penyebab mobil matic nyentak

Mengenali 7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya mobil manual, mobil matic pun seringkali mengalami masalah nyentak. Masalah nyentak yang kerap terjadi saat dinyalakan pastinya membuat berkendara jadi kurang nyaman. Kebanyakan pemilik mobil matic bingung apa penyebab mobil matic nyentak.

Padahal dengan mengetahui penyebabnya sesegera mungkin, masalah nyentak akan cepat ditangani. Simak apa saja penyebab dan bagaimana langkah untuk  mengatasi masalah mobil matic nyentak di bawah ini!

1. Oli Transmisi Sudah Kotor

Biasanya, penyebab mobil matic nyentak adalah oli transmisi yang kotor. Oli transmisi memegang kendali penting pada mesin mobil matic. Hal ini dikarenakan sistem kerja mobil menggunakan sistem hidrolik. Sehingga, membutuhkan oli untuk mengontrol transmisi dan menjaga komponen tetap bersih. Apabila oli transmisi sudah sangat kotor, sistem kerja mobil akan terganggu. Maka dari itu, cara mengatasinya adalah mengganti oli transmisi.

2. Kerusakan Pada AT Solenoid

AT Solenoid berfungsi untuk mengaktifkan clutch dan brake pada transmisi mobil matic. Sehingga, AT Solenoid dibutuhkan untuk mengatur jumlah oli yang masuk ke transmisi dengan tepat.

Jika komponen ini rusak, maka oli tidak akan mengalir pada mesin. Sehingga, clutch dan brake di mesin mobil tidak aktif.  akibatnya, mobil matic pun menyentak saat dinyalakan. Apabila AT Solenoid hanya kotor saja, cukup dibersihkan saja. Namun apabila sudah rusak, tidak ada cara lain selain mengganti AT Solenoidnya

3. Pemasangan Kabel Accelerator Kickdown Tidak Tepat

Masih menggunakan mobil matic versi lama? Apabila iya, cobalah cek dulu pada  kabel accelerator kickdown. Kabel accelerator kickdown terletak di bagian throttle valve dan menjadi satu bagian dengan kabel accelerator pedal gas.

Jika pemasangan kabel ini tidak tepat, maka dapat menyebabkan mobil matic nyentak. Cara mengatasinya adalah mengecek dan memasang kabel accelerator kickdown dengan tepat. Sebenarnya masalah ini tidak akan dialami mobil matic keluaran terbaru. Hal ini dikarenakan penggunaan kabel cenderung minim pada mobil terbaru.

Baca Juga :  Serba Hitam, Berikut Penampilan Honda CR-V Black Edition

4. Masalah Pada Komponen Elektrik (TCM)

Penyebab mobil matic nyentak sebelumnya hanya berlaku pada mobil matic versi lama. Lain lagi masalahnya pada mobil keluaran terbaru. Pada mobil matic keluaran terbaru, masalahnya bisa jadi ada di komponen elektriknya. Komponen elektrik pada mobil matic biasanya disebut sebagai Transmission Control Module (TCM).

Pada TCM, ada banyak komponen  seperti komputer transmisi dan aktuator. Selain itu terdapat sensor yang mengatur sistem kerja clutch dan brake. Jika ada satu bagian saja dari TCM yang rusak, maka mengakibatkan mobil matic nyentak. Cara mengatasinya adalah mengganti bagian itu dengan yang baru.

5. Clutch dan Brake Sudah Aus

Clutch dan brake bekerja dengan saling bergesekan. Sehingga dua komponen yang terbuat dari susunan plat kopling basah ini pastinya rentan aus. Jika dua komponen ini aus, kinerja mesin pun akan terganggu. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti clutch dan brake dengan yang baru.  Sehingga, sistem transmisi bekerja dengan baik dan mobil tidak nyentak.

6. Rasio Gigi Mulai Mundur 

Pada mobil matic konvensional, performa terbaik dari gigi sangat dibutuhkan. Gigi  juga penting untuk memindahkan transmisi ketika berkendara. Jika rasio gigi mundur atau tidak sesuai, mobil matic pun nyentak. Jika hal itu terjadi, segera lakukan penyetelan ulang pada rasio gigi yang mundur.

7. Kebocoran Oli Transmisi

Jumlah oli yang berkurang karena bocor akan menurunkan tingkat tekanan hidrolik mesin. Sehingga, putaran mesin menjadi tidak sesuai dan getaran mobil lebih tinggi. Hal itulah yang menjadi penyebab mobil matic nyentak saat perpindahan gigi.

cara mengatasinya adalah melakukan pembersihan dan mengatasi sumber bocor. hal ini harus dilakukan segera agar tidak mengganggu kinerja mesin yang lain. Kebocoran oli ini biasanya di cek paling akhir. Hal ini dikarenakan masalah ini tergolong berat dan membutuhkan biaya perbaikan yang besar.

Baca Juga :  Daftar Tekanan Angin Ban Mobil Ring 16 Beserta Rincian Penting Lainnya

Itulah dia 7 penyebab mobil matic nyentak serta cara untuk mengatasinya. Apabila mobil nyentak, segera periksakan ke bengkel terdekat. Tujuannya, agar masalah mobil nyentak dapat diketahui penyebabnya dengan cepat dan segera ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.