cara menghilangkan semut di mobil

Semut Mengganggu, Ini Cara Menghilangkan Semut Di Mobil

Semut yang datang bergerombol dan mencari makanan di mobil kerap kali membuat risih para pemilik mobil. Jumlah semut yang banyak dan juga gigitannya yang meresahkan tak lagi bisa dibiarkan. Pemilik mobil harus segera cari cara menghilangkan semut di mobil dengan cepat. Karena ini menyangkut kenyamanan dan keselamatan penumpangnya.

Mengapa bisa dikatakan begitu? Semut bisa menggigit pengemudi saat sedang fokus berkendara, bisa juga mengganggu penumpang sehingga menghilangkan fokus si pengemudi. Intinya, mobil yang dipenuhi semut bisa berpotensi bahaya. Berikut cara menghilangkan gerombolan semut dalam mobil:

1. Bersihkan Mobil

Mobil yang jorok dan kotor sudah pasti memicu hewan berkoloni ini untuk datang berkunjung. Tumpahan makanan atau minuman berperisa manis diduga menjadi penyebab utama. Interior yang dipenuhi remahan biskuit juga menjadi salah satu contoh penyebab mobil didatangi semut.

Lakukan pembersihan pada interior mobil secara menyeluruh. Pembersihan dilakukan dari dalam mobil seperti dengan menyapu alas, mengelap dashboard dan kursi, juga menyingkirkan sisa sampah. Perhatikan juga eksterior mobil seperti ban yang melindas buah atau pintu mobil yang terciprat minuman manis.

2. Gunakan Cairan Buah Lemon

Pasukan kecil bergerombol ini dikenal sangat menjauhi aroma lemon karena lemon dikenal dengan aroma asam yang menyengat. Selain aromanya, lemon dikenal dengan sifat asam alaminya yang menghambat pergerakan semut di dalam mobil.

Gunakan cairan buah lemon dengan cara menyemprotkannya secara merata pada seluruh bagian kabin mobil. Jangan lewatkan bagian bagian tersempit dan terkecil sekalipun, biasanya semut bersembunyi di sana. Tunggu beberapa saat sebelum akhirnya semut akan keluar dengan sendirinya karena terganggu dengan cairan lemon.

3. Semprotkan Cuka

Selain lemon, cuka juga dikenal dengan keampuhannya sebagai salah satu cara menghilangkan semut di mobil. Aroma cuka yang tajam dan menyengat mampu mengganggu alur pernafasan semut membuatnya tidak berkonsentrasi. Kemudian, semut akan pergi dari mobil.

Baca Juga :  Tips Beli Mobil Bekas Sesuai Budget, Beli Di OLX Autos: Bisa Dicicil Mulai Rp 1 Juta-an!

Buat perbandingan 50:50 antara cuka dan air, lalu semprotkan. Hati hati dengan interior mobil karena asam cuka dapat berpotensi merusaknya. Lebih baik, uji ketahanan dulu dengan menyemprot cuka pada permukaan lain. Satu lagi, feromon semut juga dapat hilang sehingga para hewan kecil ini tidak akan kembali lagi ke mobil.

4. Beri Obat Pembasmi Semut

Memberi obat pembasmi semut merupakan salah satu cara instan agar semut cepat musnah dari mobil. Obat semut termasuk jenis dari obat anti serangga dan memiliki beberapa jenis, misalnya jenis obat semprot atau kapur bagus. Keefektifan cara ini dinilai cukup tinggi karena hasilnya terjamin.

Berikan obat pembasmi semut pada koloni yang sedang berkumpul atau pada semut semut yang dijumpai. Dosis pemberian obat secukupnya saja; jangan terlalu banyak, tidak pula terlalu sedikit. Semut semut pengganggu akan segera mati, kemudian baru bisa disingkirkan dengan leluasa.

5. Pindah Tempat Parkir Mobil

Mobil yang diserang semut bisa jadi karena dipicu hal lain, misalnya melindas atau parkir di dekat sarang semut. Bukan tanpa efek, semut semut yang wilayahnya merasa terganggu bisa langsung menyerang pihak lawan. Oleh karena itu, banyak semut yang memanjat mobil dan memenuhi setiap sudut bagiannya.

Coba pindahkan tempat parkir mobil ke tempat yang aman dari semut. Perhatikan tempat sekitar parkir jika sekiranya itu ada di dekat pohon atau tanah lapang. Setelah memindahkan tempat parkir, bersihkan sisa semut yang masih menyerang mobil. Cara ini juga termasuk golongan aman dari gangguan semut.

Cara menghilangkan semut di mobil sebenarnya bisa dikatakan cukup ribet. Maka dari itu, karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jaga kebersihan mobil selalu agar semut tidak datang mengusik. Perhatikan pula area parkir agar tidak sembarangan dan merusak rumah semut.

Baca Juga :  Bagaimana Perawatan Motor Setelah Turun Mesin ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.