penyebab aki motor tekor

Cari Tahu 6 Penyebab Aki Motor Tekor Sebelum Membeli Aki Yang Baru

Penyebab aki motor tekor pada saat mesin dinyalakan cukup beragam. Anggapan yang utama adalah terjadi kerusakan pada aki. Padahal, bisa saja penyebabnya adalah kerusakan pada komponen lain yang menyebabkan aki motor menjadi tekor. Di bawah ini akan di bahas 6 penyebab aki motor menjadi gampang tekor dan soak.

1. Kerusakan Pada Kiprok

Kiprok adalah komponen pada mesin motor yang memiliki fungsi untuk menyesuaikan besar kecilnya tegangan listrik yang dialirkan menuju aki. Komponen ini akan mengatur besaran arus listrik yang mengalir agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan sehingga aki dapat menyala dengan baik.

Jika arus yang dialirkan terlalu kecil maka aki tidak dapat menyala. Hal sebaliknya terjadi jika arus listrik yang mengalir terlalu besar juga menyebabkan aki cepat rusak. Karena itu sangat penting untuk mengecek komponen kiprok jika aki motor sulit dinyalakan.

2. Modifikasi Lampu Yang Berlebihan

Pemilik motor banyak yang memodifikasi kendaraannya sehingga tampil lebih vintage. Kadang modifikasi juga dilakukan karena tidak puas dengan tampilan standar motornya. Selain bagian body, lampu menjadi bagian yang sering di modifikasi karena pemilik menginginkan pencahayaan yang lebih maksimal.

Namun jika modifikasi lampu dilakukan secara berlebihan maka akan menambah beban pada aki, terlebih jika pemilik mengabaikan kapasitas kelistrikan yang dimiliki motornya. Akibatnya aki motor akan cepat rusak akibat dipaksa bekerja keras menyuplai listrik untuk menghidupkan lampu.

3. Komponen Pengikat Aki Bermasalah

Untuk dapat melekat pada motor dan menjalankan fungsinya, aki membutuhkan bantuan dari beberapa komponen tambahan seperti kabel dan sekrup. Dua komponen ini berguna untuk mengalirkan arus listrik ke seluruh bagian mesin.

Ketika motor sulit dinyalakan, periksa apakah kabel aki terpasang dengan sempurna atau ada bagian yang terlepas. Jika ada yang terlepas maka secara otomatis aki tidak dapat berfungsi. Jika kerusakan ini dibiarkan, lama kelamaan aki akan melemah dan akhirnya mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Tanda Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil

4. Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Penyebab aki motor tekor juga dapat dilihat dari segi kebersihan. Menjaga kebersihan aki sama pentingnya dengan menjaga kebersihan mesin dan bodi motor. Jika tidak dibersihkan maka kotoran akan menumpuk.

Aki mengandung bahan kimia yaitu asam sulfat yang jika tidak dibersihkan dengan baik maka kotoran yang menumpuk bercampur asam sulfat akan menimbulkan karat. Umumnya kotoran ini menumpuk di bagian terminal aki sehingga aki susah dinyalakan.

5. Tidak Memperhatikan Kapasitas Listrik

Aki sepeda motor umumnya memiliki kapasitas listrik sebesar 3 hingga 3,5 Ampere dengan tegangan 12 Volt. Jika pemilik motor memodifikasi kendaraan melebihi kapasitas listrik yang dimiliki tentu akan menyebabkan aki menjadi tekor.

Motor yang terlalu lama didiamkan juga dapat merusak komponen aki.. Kapasitas listrik pada aki akan cepat berkurang jika mesin didiamkan dalam waktu yang lama.

6. Masalah Pada Spul

Spul adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan listrik melalui gesekan magnet yang digerakkan oleh komponen ini. Seringkali aki tidak bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan motor jika spul mengalami masalah. Cara mengetahui apakah spul rusak atau tidak dengan mengukur tegangan listrik dari spul ke kiprok menggunakan multitester.

Sebelum memutuskan untuk membeli aki baru, lakukan pengecekan pada 6 komponen yang telah dijelaskan diatas. Siapa tahu bukan akinya yang rusak namun ada masalah komponen mesin yang menjadi penyebab aki motor tekor. Jika ada komponen mesin yang rusak, segera ganti sebelum menimbulkan masalah yang lebih berat lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.