cara memperbaiki shockbreaker depan mobil

Tanda Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil

Shockbreaker adalah komponen yang penting untuk bisa menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara mobil. Sayangnya komponen ini sering mengalami masalah terlebih saat mobil yang dikendarai membawa muatan yang overload. Cara memperbaiki shockbreaker depan mobil tidak ribet. Namun perbaikan juga harus sesuai dengan langkah-langkah agar shockbreaker dapat dipasang dengan pas dan sesuai.

Sebelum memperbaiki shockbreaker yang rusak maka perlu pengguna mobil mengenali tanda-tanda kerusakan shockbreaker terlebih dahulu. Kerusakan Shockbreaker dapat dengan mudah diservis atau diganti dengan yang baru. Hanya perlu memperhatikan seberapa parah kerusakan shockbreaker.

Tanda-Tanda Kerusakan Shockbreaker

Setiap bagian mobil yang mengalami masalah mempunyai tanda-tanda tersendiri. Dengan begitu, pengguna mobil dapat dengan mudah mengenali penyebab serta perbaikan untuk mencegah masalah pada mobil menjadi lebih besar. Berikut tanda-tandanya:

  • Keluarnya oli. Oli yang keluar saat mobil sedang di parkir merupakan tanda-tanda shockbreaker bermasalah. Oli yang keluar biasanya disebabkan oleh karet seal shockbreaker yang robek. Kebocoran oli dapat dilihat dari batas yang lembab
  • Bagian bawah mobil berdecit. Shockbreaker memang berfungsi untuk meredam benturan yang terjadi pada mobil. Saat melewati polisi tidur yang tinggi atau membentur lubang yang dalam akan timbul bunyi berdecit.
  • Pengereman berkurang. Banyak yang tidak sadar bahwa shockbreaker memiliki peran yang penting dalam pengereman. Di saat. Merasakan pengeraman menurun namun kondisi rem masih bagus itu menjadi tanda bahwa shockbreaker bermasalah. Shockbreaker memberikan peredaman yang diperlukan mobil saat mengerem
  • Mobil Miring atau Tidak Stabil. Saat berada dijalan yang menanjak atau melewati polisi tidur, pengguna mobil dapat merasakan guncangan karena shockbreaker bekerja dengan semestinya. Namun saat merasakan bodi mobil tidak stabil atau miring, maka kemungkinan besar shockbreaker mengalami masalah atau bahkan rusak.
  • Permukaan ban keausannya tidak merata. Jika itu terjadi maka perlu mengecek shockbreaker yang ada di mobil karena itu juga merupakan tanda bahwa komponen mobil yang satu ini juga bermasalah.
Baca Juga :  Siap-Siap Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak Akan Diadakan

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil

Shockbreaker depan mobil lebih sering mengalami kerusakan karena bekerja sebagai penopang bobot kendaraan agar menjaga stabilitas saat berkendara. Masalah yang timbul pada shockbreaker mengakibatkan bantingan mobil yang terasa menghentak. Namun tenang karena shockbreaker yang rusak dapat diganti dengan mudah. Cara menggantinya:

  • Yang harus dilakukan pertama kali yaitu mendongkrak mobil
  • Lalu buka rodanya
  • Sebaiknya semprot baur dengan cairan yang dapat menghilangkan karat untuk mempermudah dalam melepas baut
  • Bukalah baut yang ada di bagian bawah
  • Selanjutnya buka baut bagian atas untuk memudahkan penggantian
  • Gunakan Kunci-kunci yang pas dan masih bagus untuk meminimalkan baut selek
  • Pastikan Shockbreaker yang baru sama dengan shockbreaker yang lama
  • Saat akan memasangkan Shock pastikan memasang baut bagian atas terlebih dahulu
  • Jangan terlalu kencang agar memudahkan pemasangan baut bagian bawah
  • Sebaiknya kencangkan baut dengan memakai kunci torsi. Menggunakan kunci torsi akan membuat baut menjadi lebih kencang karena dapat diatur tingkat kekencangan bautnya.
  • Jika tidak memiliki kunci torsi cukup kencangkan baut secukupnya agar shock nisa terpasang dengan sempurna.Setelah shockbreaker terpasang dengan baik, hindari
  • lah berkendara secara ugal-ugalan contohnya seperti menerobos lubang dan polisi tidur asal-asalan menjaga shockbreaker berada dalam kondisi yang prima dan tahan lama.
  • Selain itu hindari membawa muatan barang atau penumpang yang berlebihan yang membuat kapasitas mobil menjadi overload atau kelebihan muatan.

Demikian pembahasan tentang tanda kerusakan dan cara memperbaiki Shockbreaker depan mobil. Pada dasarnya agar shockbreaker mobil awet atau tahan lama maka harus adanya perawatan rutin serta penggunaan mobil yang tidak ugal-ugalan. Tahapan-tahapan diatas merupakan tahapan yang paling mudah yang dapat diikuti pengguna yang shockbreaker mobilnya rusak.

Baca Juga :  Inilah 5 Daftar Mobil yang Paling Irit Bahan Bakar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.