Tips Untuk Menjaga Kaki-Kaki Mobil Agar Tetap Prima dan Awet

Perawatan kaki-kaki kendaraan bisa memberi ketenangan dalam bertransportasi. Disamping itu, perawatan kaki-kaki ini dapat mengetahui permasalahan yang ada lebih dini.

Banyak masalah yang umumnya dirasakan di bagian kaki-kaki kendaraan, satu diantaranya permasalahan roda yang tidak sesuai dan bisa memengaruhi keadaan ban dan suspensi.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghimbau customer lakukan pengecekan dan penataan wheel alignment secara periodik, untuk pastikan keadaan roda telah sesuai dan imbang di antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

Hariadi sebagai Asst. to Servis Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), wheel alignment berperan pastikan kestabilan suspensi kendaraan agar bekerja yang baik dan membuat umur roda lebih awet.

Saat lakukan pengecekan wheel alignment, yang penting jadi perhatian ialah Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination untuk pastikan jika pojok ban bisa dipasang secara baik karena hal itu bisa memengaruhi cara ban bersinggungan dengan jalan. Berikut pemahaman berkenaan Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

Titik camber ini mengutamakan di tingkat kemiringan roda di bagian atas jika disaksikan dari pojok vertikal. Anda harus pastikan pojok ban tidak miring ke ke luar atau dalam.

Bila diketemukan camber tidak sejajar/sesuai, bisa jadi dikuasai kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi ikatan gabung, atau roda. Harus dipahami, camber mempunyai 2 tipe pojok, yakni negatif dan positif.

Pojok positif sisi atas mempunyai kemiringan ke luar. Ini berperan untuk mendapati titik pengimbang ban sisi bawah yang ketekan ke luar saat dibebani dan beban pada steering berkurang.

Untuk pojok negatif, sisi atas mempunyai kemiringan ke dalam yang berperan untuk mengusahakan kendaraan lempeng dan konstan. Titiik camber negatif ini umumnya dipakai untuk mobil yang mempunyai ground clearance rendah atau ceper atau mobil balap yang memerlukan konsistensi tinggi saat membelok tajam dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga :  Ini Penyebabnya Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Caster ini disaksikan dari pojok garis simetri kingpin dan garis vertikal di bagian datar. Peranan dari pojok ini untuk menyamakan setir, memberi kestabilan, dan menyamakan kendaraan saat di jalanan menikung.

Caster ditata agar sudutnya tetap di tengah-tengah, agar sumbu setir tetap lempeng dan imbang, karena jika tidak imbang karena itu mobil akan ke arah satu segi saja. Caster terdiri dari 2 tipe yakni negatif dan positif.

Caster positif ada di status saat sisi atas roda ke arah belakang kendaraan. Caster positif ini membuat titik pusat permulaan dari singgung ban pada jalan berdi belakang titik potong sumbu kingpin. Dan Casternegatif, status saat sisi atas roda ke arah di depan kendaraan.

Ada pula caster 0 yaitu saat garis simetri pada kingpin atau sandaran sejajar bersama garis vertikal yang datar. Keunggulan pada caster sendiri untuk roda setir yang hendak kembali lempeng saat sopir berbelokkan kendaraan.

Toe ialah pojok yang membelok ke atau ke luar jika disaksikan di atas memakai alat ukur yang dipakai. Jika terjadi kekeliruan karena itu bisa percepat keausan roda. Berlainan dengan caster dan camber, pengukur toe memakai unit inci. Toe terdiri jadi 2 tipe yakni toe toe out dan in.

Arah pengecekan ini untuk pastikan jika pojok ban tidak begitu belok ke atau ke perlu disamakan atau luar. Bila jarak di antara roda kanan dan kiri telah sama sesuai, dan sisi belakangnya telah sama sesuai, karena itu pergerakan mobil akan imbang dan bisa jalan lempeng.

Kingpin Inclination sebagai pojok pada garis vertikal dan dapat disaksikan dari sisi depan kendaraan, atau disebutkan Steering Axis Inclination yang dapat memunculkan jarak offset makin kecil. Periksalah untuk ketahui konsistensi setir saat menggelinding disekitaran kingpin.

Baca Juga :  6 Urutan Merk Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2022

Saat kendaraan stop, style menjadi lebih kecil untuk memutarkan kemudi. Dengan lakukan pengecekan teratur dapat membuat dampak self centering yang semakin kuat, membuat roda depan yang dibelokkan saat melalui kelokan bisa kembali lempeng ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.