oli rembes dari blok mesin motor

5 Alasan Oli Rembes dari Blok Mesin Motor yang Jarang Disadari!

Berbagai penyebab kerusakan komponen motor seringkali dipicu oleh hal-hal yang tidak terduga. Pengguna kendaraan yang tidak menyadarinya akan mengalami masalah serius, bahkan berpeluang mengalami kecelakaan. Tanpa terkecuali pada bagian oli, oli rembes dari blok mesin motor menjadi permasalahan yang sering dipertanyakan para pengguna. Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi pada kendaraan:

1. Kendaraan Sudah Lama Tidak Diservis

Menemukan berbagai gejala kerusakan pada oli, bukan hanya dipicu karena benturan ataupun masalah pada komponen komponennya. Penyebab utama dari hal tersebut adalah adanya kecerobohan pengguna yang mengakibatkan kendaraan tidak terawat. Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa komponen kendaraan akan menjadi sering bermasalah. Salah satu contohnya adalah kebocoran oli pada kendaraan pribadi pengguna.

Menyadari kesalahan yang terjadi berakibat sangat buruk bagi kendaraan, seharusnya membuat pengguna semakin introspeksi diri. Langkah mengatasinya saja tidak cukup dengan mengganti komponen yang rusak. Dengan tidak melakukan pengulangan terhadap permasalahan serupa. Melakukan servis rutin pada kendaraan, bisa mendeteksi sedari dini permasalahan pada kendaraan. Bila memungkinkan akan membawa kendaraan pada kondisi kondusif.

2. Kendaraan Salah Memilih Oli

Tipe oli yang digunakan pada setiap kendaraan memanglah berbeda-beda, bahkan harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Terkadang pengguna menjadi abai dalam hal ini. Sembarangan dalam memilih jenis oli akan mengakibatkan kendaraan menjadi bermasalah. Permasalahan yang ditimbulkan dari memilih oli ini, juga bisa menjadi pemicu mengapa oli motor menjadi lebih cepat bocor.

3. Seal Tidak Normal

Pada umumnya, kebocoran pada oli dipicu oleh adanya seal yang tidak berjalan seperti fungsinya, atau tidak normal. Ketidaknormalan ini akan mengganggu proses yang berjalan pada kendaraan. Jadi oli rembes dari blok mesin motor, sangat disayangkan bila oli yang dibeli mahal-mahal terbuang sia-sia. Hal ini juga bisa mengakibatkan kecelakaan pengguna jalan lainya.

Baca Juga :  Jangan Bingung! Inilah 5 Oli yang Bagus Untuk NMAX

Type seal yang perlu diganti adalah seal dengan kondisi tidak kondusif. Seal yang terbuat dari bahan baku yang lentur, terkadang mengalami pengerasan. Perubahan sifat bahan dari lentur menjadi keras inilah yang menimbulkan masalah pada oli. Pengguna harus memeriksa seal secara berkala saat melakukan servis di bengkel guna menghindari masalah serius pada seal.

4. Masalah pada Packing

Pada beberapa kendaraan yang sudah masuk ke dalam kategori kendaraan yang berusia, menjadi rawan terhadap kebocoran. Bagian oli yang sering mengalami kebocoran adalah pada packing. Hal ini, biasanya terjadi pada bagian tersembunyi yang sulit terjangkau. Lebih sangat beresiko bila kendaraan sudah berumur, apalagi pada bagian sambungan-sambungannya. Semakin tua semakin lemah sambungan besi, akibatnya oli mudah rembes.

5. Penggunaan Kendaraan yang Berlebihan

Bagi sebagian orang, melakukan konvoi memang menjadi suatu hal yang menyenangkan. Bukan hanya bisa quality time bersama sahabat ataupun rekan-rekan satu kelompok. Bisa mendapatkan pengalaman menjelajahi jalan. Dengan kebahagiaan tersebutlah, terkadang para pelaku konvoi lupa dengan kendaraan yang dipakai. Jadi, tidak heran bila mengalami kebocoran pada tangki oli.

Pemakaian kendaraan memanglah tidak memiliki batas. Penggunaan kendaraan secara bijak akan membuat kendaraan yang dimiliki memiliki usia penggunaan yang panjang. Sama halnya dalam hal ini, bila pengguna terlalu banyak berkeliling menggunakan kendaraan dalam satu waktu, maka kendaraan akan mudah rusak. Konvoi akan berjalan menyenangkan bila kendaraan disesuaikan dan tidak beresiko rusak.

Mempelajari mengenai penyebab-penyebab oli rembes dari blok mesin motor memang sangat diperlukan. Selain bisa menjadi langkah awal menghindari bahaya, juga bisa sebagai usaha merawat motor. Tentunya umur motor akan bertahan lebih lama.

Baca Juga :  Cara Ganti Seal Shock Belakang Motor Serta Kenali Tanda-Tandanya

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Oli rembes dari blok mesin Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.