Oli Power Steering Bocor

Wajib Diperhatikan! Inilah 5 Penyebab Dibalik Oli Power Steering Bocor

Oli kendaraan berceceran sepanjang jalan membuat sebagian orang merasa geram. Masalahnya, bukan hanya mengganggu orang yang kendaraannya bermasalah saja. Hal itu juga rawan menimbulkan bencana bagi orang lain.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka akan lebih baik bagi pengguna kendaraan mengetahui alasan dibalik oli power steering bocor dan bisa berwaspada. Berikut ini informasi lengkapnya:

1. Masalah Mendasar pada Seal

Umumnya seal kendaraan yang digunakan kurang dimanjakan pemiliknya. Akibatnya, Seal menjadi lebih sensitif bila dibandingkan seal pada umumnya.

Seiring dengan pertambahan usia pakai, seal harus lebih diperhatikan. Langkah ini adalah langkah paling tepat dalam merawat kendaraan.

Selain akan menjaga saluran oli, juga akan menambah usia pakai kendaraan. Jadi, dengan begitu pemilik bisa menghemat uang servis.

Membicarakan mengenai masalah pada area seal, kendaraan yang olinya mengalir ke jalan biasanya dipicu seal yang bocor. Seal yang berhubungan dengan steering akan memicu oli menetes, akibatnya pemilik harus melakukan servis pada kendaraan yang dimilikinya.

Selain kebocoran, seal juga akan menjadi bermasalah apabila kendaraan tidak sering digunakan. Masalah yang dipicu hal sepele, bahkan jarang disadari.

2. Benturan Benda Keras

Oli mendadak keluar dari kendaraan, bisa jadi disebabkan benturan jalanan yang tidak disadari. Terlalu menikmati suasana perkotaan terkadang membuat pengendara tanpa sadar menerabas medan yang tidak rata.

Bagi sebagian orang yang apes pasti akan mengalami kecelakaan, tapi bila beruntung pengguna hanya akan mengalami benturan pada benda keras. Benturan seperti inilah yang terkadang menimbulkan masalah dengan oli.

3. Faktor Kimia dan Biologis

Permasalahan selanjutnya yang juga dapat memicu oli power steering bocor adalah faktor kimia dan biologis. Faktor kimia seperti adanya zat-zat yang menimbulkan karat menjadi penyebab utama kebocoran.

Baca Juga :  6 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Menyesal

Semakin steering terkena zat kimia kerusakannya juga akan semakin bertambah parah. Titik terparahnya adalah ketika zat kimia bereaksi bersama faktor biologis seperti panas, maka tidak heran oli menjadi bocor.

4. Masalah pada Bagian Penghubung

Sebagian besar komponen kendaraan adalah selang. Baik itu yang menghubungkan tangki bensin dengan mesin pembakaran, maupun selang oli ke rantai. Kebanyakan selang kurang dijaga, membuat muncul berbagai macam jenis kerusakan.

Selain kurangnya pengetahuan mengenai perawatan selang, bisa saja pengguna malah mengalami kecelakaan namun lupa memeriksa bagian selang. Untuk mengatasi masalah oli, pengguna bisa memeriksa selang.

Perlu pengguna ketahui, memiliki kendaraan bukan hanya soal bisa mengendalikannya saja. Akan tetapi juga mengenai bagaimana cara tepat merawatnya. Bagi pecinta kendaraan klasik, kebanyakan masalah justru datang dari oli yang bocor.

Tentu saja hal ini berpengaruh pada harga jual, tetapi tidak pada kecintaan terhadap kendaraan jadul. Memodifikasi kendaraan juga boleh, tapi jangan merusak selangnya.

5. Perawatan Komponen Oli

Melakukan pemeriksaan kesehatan sangat diperlukan bukan? Sama halnya kesehatan kendaraan juga harus dijaga. Bila memeriksa juga harus tuntas, tidak setengah-setengah. Bukan hanya bagian utama, tetapi juga bagian pendukungnya.

Komponen oli akan membantu kelancaran fungsi utamanya, bila itu terjaga maka kendaraan akan aman. Sebaliknya, akan bermasalah bila komponen nya tidak dijaga dengan baik.

Melakukan pemeriksaan pada sekrup atau baut juga akan mempengaruhi kinerja oli. Komponen yang terpasang tidak semestinya, akan menimbulkan peluang kebocoran.

Sementara, oli yang bocor tidak dapat digunakan kembali, bahkan bisa mengancam nyawa dengan menyebabkan seseorang tergelincir. Sedari awal bila pemilik kendaraan memeriksa komponen kendaraan terpasang dengan benar, tidak akan pernah terjadi yang namanya kebocoran oli.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Rekomendasi Jenis Oli yang Cocok untuk Motor Matic

Rutin membawa kendaraan ke bengkel akan mempermudah mengatasi masalah oli. Selain tidak beresiko, juga bertujuan mendeteksi penyebab oli power steering bocor. Dengan begitu, akan lebih mudah mengatasi masalah yg terjadi pada power steering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.