Cara Memancing Aki Mobil

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor dengan Metode Jumper

Bepergian tanpa persiapan yang matang kadangkala bisa menimbulkan masalah di perjalanan misalnya mesin eror, aki tekor hingga kapasitas air pada radiator habis. Cara memancing aki mobil yang tekor menggunakan metode jumper menjadi cara yang sering digunakan dan tidak asing lagi di dunia otomotif. Jika pengguna berada pada area yang sulit terjangkau, mempelajari cara jumper bisa sangat bermanfaat.

Aki yang tekor disebabkan oleh banyak hal diantaranya usia produktif aki menurun hingga kurangnya perawatan yang dilakukan pengguna. Hal ini karena aki merupakan komponen yang sangat penting dan perannya sebagai penggerak mesin mobil, kondisi aki yang mulai tidak prima harus segera diatasi. Bagi yang mengalami aki tekor, berikut langkah yang bisa diikuti agar kembali normal:

1. Cari Sumber Aki untuk Jumper dari Mobil Lain

Jumper atau menyambungkan aki suatu mobil tidak dapat dilakukan jika tidak ada mobil lain yang kualitas akinya lebih baik dan sehat. Untuk itu, agar jumper aki dapat segera dilakukan carilah mobil dengan kriteria tadi dan segera dekatkan dengan mobil pengguna yang membutuhkan jumper.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tegangan aki dari mobil lain tersebut harus lebih besar atau minimal setara dengan mobil pengguna. Mobil dengan tegangan aki yang kecil akan sulit dalam mengalirkan listrik untuk memancing aki yang tekor. Bila tidak ada mobil yang sesuai, pengguna bisa memanfaatkan powerbank khusus jumper aki yang harganya tidak terlalu mahal.

2. Sediakan Alat Jumper yang Akan Digunakan

Cara memancing aki mobil yang tekor dengan cara jumper biasanya menggunakan alat bantu kabel sebagai penghubung dua aki. Tentunya pengguna tidak boleh sembarangan dalam memilih kabel yang akan digunakan karena pada hal ini, listrik yang akan dialirkan cukup besar. Untuk itu gunakanlah kabel berkualitas bagus dengan fisik kuat dan tebal supaya dapat menahan aliran listrik dengan baik.

Baca Juga :  Stop Mencuci Mobil Dengan Air Hujan, Bikin Cat Bodi Cepat Rusak

3. Pastikan Semua Komponen yang Menggunakan Listrik Sudah Dimatikan

Aki dalam mobil hadir sebagai pemasok listrik pada setiap komponen dan mesin di dalamnya. Ketika akan melakukan jumper, pastikan dalam mobil aki tekor tersebut semua yang membutuhkan daya listrik sudah dinonaktifkan. Hal ini agar arus listrik yang akan mengalir dari aki mobil normal ke aki mobil tekor tidak terkuras oleh perangkat tadi.

4. Saatnya Menyambungkan Kedua Aki Mobil

Jika semua step di atas sudah dilalui dan mobil yang akan memancing aki sudah tersedia, kini saatnya menyambungkan kedua mobil tersebut. Hubungkanlah kedua kutub aki dengan menggunakan kabel tadi agar proses jumper berjalan. Sebelumnya, pengguna dapat memakai pengaman terlebih dulu semisal sarung tangan karet untuk mencegah hal berbahaya yang bisa saja timbul.

Mulailah dengan menyambungkan kutub positif aki ke kabel jumper merah serta kabel minus atau negatif pada kabel jumper yang tersisa yakni warna hitam. Pastikan lagi kedua kutub mendapatkan kabel yang benar agar tidak ada masalah saat jumper dilakukan. Jangan lupa kencangkan masing-masing kutubnya untuk menghindari kebocoran.

5. Cek Keberhasilan Jumper dengan Starter

Jika kedua kutub telah tersambung, tunggulah sebentar sebelum menyalakan mobil. Pastikan listrik yang disalurkan dari aki telah habis dan seluruh kabel yang tersambung pada kedua mobil telah dilepaskan. Setelah itu, pengguna bisa mulai menyalakan mobil perlahan hingga mesin dirasa telah berjalan normal kembali.

Itulah 5 cara memancing aki mobil yang tekor dengan metode jumper yang bisa dilakukan. Jika cara tersebut tidak membuat mobil pengguna hidup kembali, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membawanya ke bengkel mobil atau memanggil ahli terkait. Meski begitu, pengguna tetap harus mengetahui cara jumper ini agar dapat mengatasinya sendiri jika kondisi ini terulang.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Ngecas Aki Kering Tanpa Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published.