Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor

Ini Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor dan Kualitas Musik Terjaga

Adakalanya ketika sedang berkendara pengemudi merasa bosan dan suntuk selama perjalanan. Belum lagi tubuh yang kurang fit bisa menurunkan konsentrasi berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang memasang audio di mobilnya agar selalu bersemangat dengan mendengarkan musik yang disukai. Perlu diketahui cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor karena pengaliran listrik sudah diatur pabrik.

Jangan sampai pengguna sudah merogoh kocek yang dalam untuk memasang audio namun malah berpotensi merusak komponen lain dalam mobil. Pemasangan audio yang tidak tepat selain membuat aki tekor bisa membuat kualitas suara yang dikeluarkan tidak maksimal. Agar aksesori tidak sia-sia, simak tips pemasangan audio yang benar di bawah ini:

1. Pastikan Kabel Audio Tidak Terkelupas

Agar listrik dapat dialirkan dengan lancar dari aki ke berbagai komponen dalam mobil diperlukan sebuah penghubung. Untuk audio, listrik dialirkan melalui kabel-kabel yang terhubung ke berbagai perangkat agar suara yang dihasilkan berkualitas baik. Cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor adalah dengan memastikan tidak ada lapisan luar kaber yang terkelupas.

Meski beberapa bagian kabel perlu dipotong, potonglah dengan rapi dan usahakan tidak ada bagian dalam kabel yang mencuat keluar. Pengguna juga bisa memberikan isolasi pada kabel yang terkelupas agar kemungkinan terjadinya arus pendek di kemudian hari dapat terhindarkan. Menyusun kabel dengan rapi juga akan mencegah kabel tergores dan kemungkinan terkelupas.

2. Perhatikan Sumber Listrik yang Digunakan

Untuk dapat menyalakan audio, diperlukan listrik sebagai pengisi dayanya namun, pengambilannya tidak boleh sembarangan. Meski semua komponen dengan daya listrik berasal dari aki, ambillah listrik melalui kepala aki negatif dan positif. Jangan memotong arus dari komponen lain karena bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Tips lainnya adalah menambah sekring baru yang akan menjaga audio dari korsleting.

Baca Juga :  Apa Saja Tanda Aki Mobil Lemah? Inilah Jawabannya!

3. Pasang Power Amplifier sebagai Perangkat Tambahan

Tentunya dengan adanya audio sebagai perangkat tambahan yang memerlukan listrik aki akan bekerja lebih berat sehingga meningkatkan kemungkinan aki tekor. Atasi masalah ini dengan memasang power amplifier yang akan menguatkan daya sehingga suara yang dihasilkan dari audio akan lebih kencang tanpa menyedot banyak daya. Sambungkan amplifier pada kabel subwoofer dan speaker dengan rapi.

4. Lengkapi Audio dengan Subwoofer dan Speaker

Menggunakan lebih dari satu speaker tentu akan membuat kualitas sistem audio menjadi lebih baik. Begitupun dengan dipasangnya subwoofer, perangkat audio akan bekerja lebih maksimal. Hal yang harus diperhatikan adalah penempatan perangkat yang harus direkatkan dengan tepat dimana pengguna harus merekatkan ke bodi dengan membuat dudukan.

5. Gunakan Alternator yang Sesuai dengan Beban Listrik

Setiap penambahan aksesori baru pada mobil baik itu audio maupun benda lainnya yang membutuhkan daya listrik, ada komponen lain yang terpengaruh selain aki. Komponen tersebut salah satunya alternator yang harus bekerja lebih keras untuk memenuhi aki apalagi jika penambahan aksesori tidak sedikit.

Sebut saja waktu normal alternator bekerja agar aki penuh adalah 15 menit namun waktu tersebut akan bertambah seiring pertambahan perangkat listrik dalam mobil. Hal ini akan membuat listrik akan banyak tersedot dan umur pakainya menurun. Oleh karena itu, gantilah alternator sesuai dengan beban yang harus dihasilkan misalnya 200 ampere untuk seperangkat audio.

Itulah cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor dan demi menghindari konsleting atau arus listrik yang terbuang percuma. Pastikan sebelum memasang audio beserta kelengkapan lainnya, perhatikan hal di atas agar kualitas audio lebih baik dan aki tekor dapat terhindari. Jika pengguna merasa ragu untuk melakukannya sendiri, panggilan seorang ahli yang sudah paham bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.