Belajar Nyetir Mobil Manual

7 Langkah Awal Belajar Nyetir Mobil Manual Agar Cepat Ahli

Adanya kendaraan memudahkan mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain yang dekat hingga jauh. Baik itu angkutan umum atau kendaraan pribadi, masyarakat zaman sekarang sangat sulit terlepas dari pemakaian kendaraan-kendaraan tersebut. Agar semakin mudah bepergian, banyak orang yang mulai belajar nyetir mobil manual karena penggunaannya dirasa lebih nyaman dibandingkan jenis mobil lain.

Meski belum memiliki mobil sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar mengemudi agar ketika saatnya memiliki mobil pergerakan sudah terlatih. Belajar menyetir mobil juga memerlukan kepekaan dan kehati-hatian yang tinggi agar tidak membahayakan orang lain. Adapun langkah awal sebagai cara belajar yang baik dan benar dalam menyetir mobil manual adalah sebagai berikut:

1. Pahami Kegunaan dari Masing-Masing Elemen Mobil

Sebelum menuju jalanan, hal paling dasar adalah mengetahui segala jenis elemen dalam mobil hingga kegunaannya dalam membantu pengguna menjalankan mobil. Mulai dari kopling, rem hingga perpindahan gigi harus sudah dikuasai teorinya sebelum mencoba menjalaninya. Hal ini dimaksudkan agar pengguna lebih mudah menentukan elemen apa yang harus digunakan ketika mobil mulai berjalan.

2. Berlatih di Tempat dengan Permukaan Datar sebagai Permulaan

Jangan terburu-buru ingin menguasai mobil di jalanan yang banyak rintangannya namun, mulailah dengan jalanan datar terlebih dulu hingga terbiasa. Pastikan sudah memasang sabuk pengaman sebelum menjalankan mesin mobil. Belajar nyetir mobil manual memerlukan latihan yang cukup. Jadi, pengguna harus sabar sampai benar-benar terbiasa. Lapangan yang luas bisa menjadi salah satu pilihan agar belajar lebih leluasa.

3. Tetap Waspada dan Konsentrasi

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tingkat kewaspadaan dan konsentrasi pengguna. Hal ini karena masih di tahap belajar, terkadang pengguna masih merasa kaget ketika mengoperasikan beberapa elemen hingga menyebabkan konsentrasi buyar. Untuk itu, jangan panik dan tetap rileks agar pengguna bisa terus waspada dan konsentrasi tidak terganggu.

Baca Juga :  Serba Hitam, Berikut Penampilan Honda CR-V Black Edition

4. Pastikan Posisi Duduk dan Kursi Sudah Nyaman

Posisi pengguna duduk dibalik kemudi akan menentukan seberapa jauh jangkauan kaki untuk menginjak kopling. Sebelum mulai menjalankan mesin, pastikan duduk sudah nyaman dan bila perlu, perbaiki posisi kursi agar kopling dapat terinjak sepenuhnya oleh kaki kiri. Jika kopling hanya terinjak sebagian, dikhawatirkan kurang mempengaruhi fungsinya.

5. Mulailah Menyalakan Mobil Ketika Sudah Siap

Elemen dalam mobil sudah dihafal dan dipahami, posisi duduk sudah sesuai dan fokus sudah didapatkan, kini saatnya menyalakan mobil dengan perlahan. Sebelumnya, pastikan semua elemen dalam keadaan netral sebelum mobil dinyalakan dan putarlah kunci kontak untuk starter. Ingat untuk tidak menginjak pedal yang berada di bawah kaki sembarangan.

6. Perhatikan Pedal yang Harus Diinjak agar Mobil Berjalan

Untuk menjalankan mobil, pastikan gear shift berada pada gigi satu dan injak gasnya sambil mengangkat kaki dari pedal kopling perlahan. Pada tahap ini pengguna harus sudah terbiasa menyeimbangkan antara pedal gas dan kopling karena jika kopling belum terangkat sempurna, akan timbul suara kasar dari mesin. Begitupun jika pengguna mengangkat kopling sekaligus, mesin bisa mati seketika.

7. Tetap Siaga untuk Menginjak Rem di Waktu yang Tepat

Sambil belajar mengurangi atau menambah kecepatan mobil melalui perpindahan gigi, mempelajari kapan menginjak pedal rem juga bisa dilakukan bersamaan. Injak rem perlahan ketika mobil melaju terlalu cepat menggunakan kaki yang menginjak gas. Perihal kaki yang bertugas pada kopling, cukup dibiarkan saja dan fokus untuk menginjak rem.

Itulah 7 tahapan awal belajar nyetir mobil manual yang bisa dipraktikkan. Latihlah terus poin nomor lima hingga tujuh agar terbiasa dan tidak kaget ketika menginjak pedal gas hingga rem. Setelah mahir belajar di tempat yang datar, pengguna bisa mulai mencoba rintangan kecil lain seperti belokan dan jalanan yang berbatu.

Baca Juga :  Mengenali 7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.