Cara pasang Relay 5 kaki lampu mobil

Cara Pasang Relay 5 Kaki Lampu Mobil untuk Pemula

Relay berguna buat menjembatani arus dari baterai pada lampu. Biasanya digunakan untuk  meng-cut arus listrik lewat rangkaian yang bisa mencapai lampu otomobil ataupun klakson. Cara pasang Relay 5 kaki lampu mobil dapat dikerjakan sendiri. Untuk diketahui, relay lima kaki punya tiga kaki terminal yang dipakai untuk kontak point (saklar) dan dua kaki lain dipakai jadi kumparan elektromagnetik.

Relay meneruskan arus listrik dengan voltase besar dengan sistem pengendali arus listrik kecil. Bila memakai relay, lampu mobil akan semakin terang. Saklar lampu otomobil pun menjadi lebih awet. Ini karena arus listrik utama mobil tidak lewat saklar lampu mobil lagi, tetapi melewati relay lampu mobil. Oleh karena itu, biaya untuk merawat lampu dan saklar dapat dihemat. Berikut langkah memasang relay:

1. Membeli Soket dan Relay

Langkah mula-mula adalah membeli soket serta relay yang mau dipasang. Jika yang dibeli sekalian satu set, uang yang dibutuhkan lumayan besar yaitu diatas seratus ribu rupiah. Sebagai gantinya, pengguna akan memperoleh kemudahan, tinggal membeli di toko spare part otomobil.  Setelah dibeli, set relay bisa dipasang dengan mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. Hal ini karena komponen telah dirangkai komplit mulai sekring dan soket lampunya.

 

Untuk memasangnya tidaklah sulit, cukup disambung di pangkal accu. Lain halnya bila pengguna membeli relay lampu yang belum dirangkai. Pengguna mesti menyambung-nyambungkan seluruh komponen jadi satu (akan dibahas pada langkah no.2). Hal itu tentu tidaklah mudah. Jika memasang sendiri seperti ini, pengguna bisa mengirit ongkos pembelian karena satu relay harganya cuma beberapa puluh ribu.

2. Membuat Relay Lampu Mobil Sendiri

Cara pasang relay 5 kaki lampu mobil yang kedua yaitu dengan cara membuat relay lampu mobil sendiri setelah membeli soket serta relay yang mau dipasang (langkah n0.1). Walau cukup rumit, tetapi pengguna bisa mengirit ongkos. Biaya keseluruhannya tidak akan melebihi Rp. 100.000,-.

Baca Juga :  Inilah Rekomendasi Mobil SUV Terbaik 2021

Perhatikan cara merangkai saat proses pasang relay dengan memastikan code dan relay itu sendiri. Pengguna dapat membuat soket lampu terhubung pada soket pangkalan positif (+) dan negatif (-) dari aki. Bila selesai dipasang tepat, lampu relay bisa dinyalakan.

3. Menghubungkan Relay Lampu dan Sekring

Menyambungkan relay lampu dan sekring adalah cara pasang relay 5 kaki lampu mobil yang berikutnya. Guna sekring di aliran listrik ialah jadi sistem keamanan alias perlindungan saat gangguan arus listrik terjadi baik arus yang berlebih ataupun hubungan pendek. Hubungkan relay lampu pada sekring lebih dulu. Jangan lupa untuk mencocokkan code. Code 30 alias kabel (+) aki seharusnya yang pertama kali diberi sekring

Jenis code 86 dipakai untuk kabel ground badan otomobil. Berbeda dengan code 86 yang dipakai untuk kabel dari saklar lampu. Sementara, code 87 diperuntuk bagi kabel yang menuju ke lampu mobil (kabel keluaran). Urutannya, pengguna mesti menyambungkan relay yang selesai dirangkai dengan sekring lebih dahulu sebelum dapat disambung di ground mobil. Disamping itu menyambungkan kabel relay pada saklar supaya otomobil punya cahaya terang.

4. Menyambungkan di Ground Mobil

Seperti yang sudah disinggung di atas, setelah membuat relay dan sekring terhubung, proses dilanjutkan dengan menyambungkan rangkaian tersebut di ground mobil. Ground mobil ini sendiri gunanya adalah menghantarkan arus (-) pada mobil. Ground tersambung lewat badan serta mesin otomobil. Lampu ataupun alat listrik bisa nyala bila 2 kutub (+) dan (-) mengakibatkan aliran listrik.

5. Menyambungkan Kabel Relay dan Saklar

Cara pasang relay 5 kaki lampu mobil yang kelima adalah menyambungkan kabel relay pada saklar agar lampu mobil dapat menyala dengan terang. Seperti yang diketahui sakelar adalah perangkat yang dipakai guna memutus ataupun menghubungkan jaringan listrik. Dengan menekan saklar itu lampu mobil pun menyala.

Baca Juga :  Pertanda Ini Bisa Menjadi Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik

Demikian lima langkah cara pasang Relay 5 kaki lampu mobil. Sekali lagi, ada untungnya memakai relay lampu pada mobil, karena bisa membuat lebih awet, menghemat perawatan serta membikin lampu menyala semakin terang. Itu disebabkan arus pada lampu semakin cepat dan besar. Ini sebab ada semakin banyak pemilik mobil suka yang memasang relay lampu mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.