Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Ini Penyebabnya Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Jika pemilik mobil mencoba menstarter mobilnya dan mendengar mesin mobil bunyi klotok klotok, itu alarm bahwa ada hal yang salah di mobil. Mungkin itu berupa kerusakan, entah hal besar atau hal kecil. Anggap saja suara klotok-klotok itu adalah pemberitahuan bagi pemilik ini adalah saat untuk menyervis mobilnya. Sebenarnya apa penyebab suara klotok-klotok tersebut? Mari simak uraian berikut ini:

1. Ada yang Renggang di Klep

Saat pengemudi menginjak pedal gas dan mesin mobil bunyi klotok klotok, itu bisa terjadi karena ada kerenggangan pada klep. Biasanya terjadi di antara batang klep dan pelatuk katup. Sebenarnya renggangan itu berfungsi sebagai antisipasi jika batang klep yang terbuat dari logam memuai bila mesin mobil mulai memanas. Memang itu ialah sifat alami logam, memanjang dan meluas bila dipanaskan.

Kerenggangan klep ini ada standard ukurannya yaitu 0,3 mm. Saat mobil berjalan ukuran bisa berubah karena itu dari waktu ke waktu diperlukan penyetelan ulang. Saat pemilik lupa membenahi ukuran renggangan tadi, pelatuk katup bisa menerjang batang klep dan keluarkan suara klotok-klotok,

2. Bantalan Kruk As Usang

Poros engkol alias kruk as atau crankshaft berguna saat merubah gerakan maju mundur piston jadi gerak berputar. Dalam menunaikan misinya kruk as tadi punya 2 bantalan/alas yang terdiri dari bantalan poros utama (di dekat kruk as dan batang silinder) serta bantalan konkordansi (dekat kruk as serta batangan piston). Bila alas tadi usang, kruk as jadi renggang. Saat mobil berjalan dengan kecepatan atas, akan terdengar suara klotok-klotok. Segeralah menukar kruk as dengan yang baru di bengkel otomobil.

3. Pelumas Masih di Bawah

Minyak pelumas yang belum sampai ke atas untuk meminyaki mesin adalah penyebab ketiga mesin mobil bunyi klotok klotok. Hal ini ditengarai saat pengemudi menstarter mobil yang telah lama tak dihidupkan. Begitu distarter, timbul suara yang disebabkan karena minyak pelumas masih di bawah, mesin mobil belum terkena minyak pelumas secara keseluruhan.

Baca Juga :  12 Daftar Mobil Baru Pada Harga Sekitar Rp 100 juta-an

Makin lama mobil tidak beroperasi, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk minyak pelumas untuk melumasi seluruh mesin. Bula setelah beberapa saat suara mengganggu itu tidak hilang, boleh jadi terdapat gangguan di perputaran minyak pelumas, dapat berupa selang bocor maupun kerusakan pump.

4. BBM Tidak Cocok

Tiap BBM ada kadar oktan tersendiri, tiap otomobil punya permintaan BBM tersendiri. Jika kadar oktan pada BBM, saat BBM terolah oleh mesin mobil, terjadilah gesekan sebab proses bakar BBM tidak seperti yang diharapkan lalu suara klotokan mulai terdengar. Gejala ini dinamakan engine knocking karena ada logam yang beradu.

Tanda suara terdeteksi justru saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Suara asalnya dari area blok silinder. Tune up mesti dilakukan untuk mengatasinya. Hanya saja, sebaiknya diperhatikan dulu permintaan kadar oktan saat isi bensin.

5. Roda Gila Tidak Berfungsi

Mesin mobil bunyi klotok klotok saat flange flywheel atau dalam bahasa Indonesia disebut roda gila tidak berfungsi, bahkan patah ataupun berubah posisi sampai mengenai badan otomobil. Roda gila di convert torque dipakai untuk mempertahankan kecepatan sudut kruk as agar konstan. Bila kerusakan roda gila sudah terlalu parah, memang waktunya untuk mengganti.

Itulah tadi lima penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok. Bila tahu sebabnya memang pengemudi jadi paham langkah apa yang mesti diambil. Ingat tindakan pencegahan pasti jauh lebih baik dari perbaikan yang butuh biaya yang mahal. Servis rutin juga perlu dilakukan agar pengemudi selalu aman dalam berkendara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.