Cara Membersihkan Kerak Mesin Motor dan Kotoran Lainnya

Cara Membersihkan Kerak Mesin Motor yang Membandel

Merawat motor tidak melulu harus soal servis ataupun tune-up. Penampilan fisik motor juga wajib dijaga agar menarik ketika dipandang mata. Salah satu hal yang sering mengurangi penampilan motor adalah kerak yang muncul pada bagian mesin. Kerak ini biasanya menempel dan agak susah dibersihkan. Untuk itu, berikut ini adalah cara membersihkan kerak mesin motor yang membandel, yaitu:

1. Lindungi Bagian Penting Motor

Langkah utama yang tak kalah penting untuk dilakukan sebelum membersihkan bagian motor adalah melindungi bagian vital/penting dari motor. Ada beberapa bagian yang harus ditutupi seperti  blok sekering, koil pengapian, dan busi mesin agar tidak basah terkena cipratan air. Jika bagian-bagian tersebut basah, maka bisa menyebabkan mesin motor mengalami kerusakan.

Tutup bagian-bagian tersebut menggunakan kantong plastik atau selotip. Selain itu, pastikan juga kondisi mesin motor dalam keadaan dingin ketika akan dibersihkan. Hal ini tentunya bertujuan untuk melindungi bagian tubuh agar tidak terluka akibat suhu mesin yang panas. Diamkan mesin selama beberapa menit sampai benar-benar dingin.

2. Gunakan Air Bertekanan Tinggi

Setelah melakukan tindakan pencegahan pada bagian-bagian sepeda motor yang tidak ingin terkena air, gunakan pressure washer atau air bertekanan tinggi untuk menghilangkan kotoran, lumpur dan kerak yang menempel pada sepeda motor. Pada langkah ini jangan berharap sepeda motor langsung bersih berkilau.

Air bertekanan hanya akan menghilangkan partikel besar lumpur yang mengering di bagian mesin. Bersihkan semua kotoran yang sekiranya terlihat. Pastikan juga setiap sela bisa dijangkau oleh air.

3. Bersihkan Kerak Membandel dengan Sikat

Setelah kotorannya hilang, sekarang saatnya untuk menggosok sisa-sisa lumpur yang membandel menggunakan sikat berbulu halus. Jika sikat biasa masih tidak bisa membersihkan kerak yang menempel, gunakan sikat kawat. Sikat kawat tidak buruk, tetapi dapat meninggalkan goresan jika tidak melanjutkannya dengan amplas berbutir halus.

Baca Juga :  Pentingnya Perawatan Sepeda Motor Agar Tetap Prima

4. Gunakan Pembersih Tambahan

Cara membersihkan kerak motor yang membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih tambahan. Pembersih yang umum digunakan dalam membersihkan mesin motor adalah campuran air dengan deterjen. Ambil air dengan ember dan tambahkan deterjen hingga berbusa. Gunakan sikat atau spons untuk membersihkan bagian mesin yang berkerak.

Selain deterjen, bisa juga menggunakan sampo khusus mesin motor yang tersedia di pasaran. Bila noda masih tetap menempel, gunakan bensin atau solar untuk membersihkannya. Bensin merupakan zat yang dikenal dapat mengangkat noda dengan cepat. Siapkan wadah berisi bensin dan gunakan sikat untuk mengaplikasikan bensin ke bagian mesin.

Jauhkan sumber api dari motor karena bisa memicu bahaya kebakaran. Selain bensin, bisa juga menggunakan asam cuka jika ada. Sesuai namanya, cuka merupakan zat asam yang bisa menghilangkan kerak dengan mudah. Minusnya, mesin yang sudah dicat akan mengalami pengelupasan akibat zat asam yang dimiliki oleh cuka. Untuk itu, gunakan metode ini hanya pada mesin yang masih berwarna polos.

 5. Keringkan Mesin

Langkah terakhir dalam tahapan ini tentu saja mengeringkan mesin. Keringkan mesin menggunakan kanebo. Pastikan tidak ada bagian yang lembab, karena ini akan berpotensi menyebabkan karat pada bagian mesin. Gunakan udara terkompresi untuk menjangkau bagian yang tak bisa dijangkau oleh kanebo.

Demikian tadi cara membersihkan kerak mesin motor yang membandel. Dengan mengikuti arahan yang sudah diberikan di atas, kerak yang menempel pada mesin motor dijamin akan langsung hilang tanpa bekas. Jika kerak menghilang, maka motor akan terlihat semakin bersih dan  kinclong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.