cara bersihkan mesin mobil

Inilah Cara Bersihkan Mesin Mobil Supaya Tetap Awet

Mesin mobil adalah bagian yang berada di tempat tertutup yaitu di balik kap. Meski demikian, mesin juga bisa mengalami masalah yang ditimbulkan dari kotoran, debu, dan hal lain apabila jarang dibersihkan. Pengendara perlu menerapkan cara bersihkan mesin mobil yang tepat sehingga kualitas dan performanya tetap awet meski digunakan hingga bertahun-tahun. Berikut beberapa opsi untuk membersihkannya:

1. Memilih Lokasi

Letakkan mobil di area yang minim paparan sinar matahari, contohnya garasi. Tujuannya untuk menjauhkan bagian dengan bahan plastik dan serta karet yang dimiliki beberapa komponen mesin. Apabila terkena cahaya yang panas, bagian ini cukup rapuh dan bisa mengalami penurunan kinerja.

2. Mendinginkan Mesin

Pastikan bahwa kondisi mesinnya sedang dalam keadaan dingin. Pembersihan lebih disarankan untuk dikerjakan ketika pagi ketika baru dinyalakan setelah semalaman. Cara bersihkan mesin mobil berikutnya yaitu nyalakan mesin, kemudian tunggu selama 30 hingga 45 menit. Kondisi dingin akan memudahkan pengendara dalam membersihkan dan terhindar dari arus listrik yang masih tersisa supaya tidak tersetrum.

3. Menyiapkan Perlengkapan

Siapkan alat yang diperlukan sambil menunggu mesin mobil lebih dingin. Beberapa yang perlu disiapkan antara lain engine degreaser (pembersih oli yang melekat di mesin), lap chamois (untuk mengelap bagian kasar), lap microfiber (untuk mengelap bagian lembut). Lap yang berbeda tersebut diperlukan karena karakteristik komponen mesin berbeda-beda. Alat lain yang perlu dimiliki yakni air bersih, kuas, spons, sabun untuk mobil, ember, serta sikat.

4. Membersihkan Kotoran yang Ringan

Mulailah melakukan pembersihan apabila mesin mobil dirasa sudah dingin. Cara bersihkan mesin mobil ini membutuhkan kuas. Bersihkan mesin dari debu dan kotoran ringan terlebih dahulu. Gosokkan kuas pada permukaan mesin sampai kotorannya hilang, mulai area lebar yang mudah dijangkau sampai sela-selanya. Tidak perlu memakai air untuk melakukan tahap ini.

Baca Juga :  Tips Cegah Kondisi Darurat Gara-gara Mobil Mogok Di Perjalanan

5. Membersihkan Kap Mesin

Bersihkan daerah bawah dari kap mesin mobil. Kap perlu dibersihkan lebih awal, dengan pertimbangan letaknya yang paling mudah dijangkau yakni di atas. Apabila mengerjakannya di akhir, kotoran justru bisa berjatuhan ke bawah dan mengotori kembali komponen mesin yang telah dibersihkan.

Pakai cairan pembersih beserta sikat untuk membersihkan kotoran. Gosok perlahan menggunakan beberapa cipratan air supaya tidak berantakan. Kemudian keringkan mesin mobil dengan menggunakan lap.

6. Membersihkan Area Mesin

Fokuskan perhatian di komponen yang permukaannya besar supaya mudah dibersihkan. Cara bersihkan mesin mobil bisa semakin mudah dengan bantuan steamer (alat uap) karena sanggup mengangkat sisa kotoran secara cepat. Tidak masalah jika belum memiliki alatnya. Caranya yakni memakai cairan pembersih khusus mobil atau air yang sudah dicampur dengan sabun.

Basahi mesin yang ingin dibersihkan, pakai sikat ataupun kuas secara bergantian untuk membersihkannya dari kotoran. Kotoran yang sulit dibersihkan (membandel) bisa diatasi dengan degreaser. Lanjutkan dengan membersihkan daerah yang lebih sempit hingga area dalam dan depan.

7. Mengeringkan dan Menyalakan Mesin

Keringkan mesin yang telah dibersihkan. Gosok perlahan di mesin menggunakan lap yang tersedia. Setelah selesai, menyalakan kembali mesin dan bukalah kap untuk sementara supaya sisa air dapat menguap.

Itulah beberapa cara bersihkan mesin mobil yang dapat dilakukan dengan mudah. Alat yang disiapkan juga terjangkau dan mudah didapatkan. Rutin memeriksa dan membersihkan mesin adalah kebiasaan baik yang patut dipertahankan, sehingga bisa meminimalisir masalah yang terjadi. Tidak hanya itu, kondisi mesin yang prima juga menjadi nilai plus yang sangat berguna ketika ingin menjual mobil.

 

Baca Juga :  5 Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Mobil yang Harus Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.