Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Pembersihan bodi motor adalah aktivitas menyenangkan, salah satunya merasa puas karena menghasilkan tampilan yang mengkilap. Kepuasan tersebut tidak bertahan lama jika tidak dibarengi dengan perawatan mesin dengan benar. Area mesin seringkali dilewatkan, bahkan hingga kotorannya keluar dan merusak penampilan motor. Saat ini ada banyak cara mengkilapkan mesin motor seperti crom.

Pembersihannya membutuhkan perhatian lebih karena komponen mesin penanganannya berbeda dengan bodi. Hal itu bisa dilakukan dengan langkah mudah berikut ini:

1. Mempersiapkan Perlengkapan

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengkilapkan mesin. Kebutuhannya antara lain air bersih, wadah air, spons, sikat gigi bekas atau kuas, lap untuk kendaraan (seperti microfiber atau kanebo), shampo untuk motor, metal polish, dan amplas. Berikutnya posisikan motor bertopang di standar dua. Posis ini akan membuat proses membersihkan lebih mudah karena menciptakan ruang gerak area bawah mesin yang lebih luas.

2. Mencuci dengan Shampo

Isilah air di wadah yang tersedia. Basahi mesin motor, lalu ambil sikat atau kuas yang telah diberikan shampoo motor sampai berbusa. Cara mengkilapkan mesin motor seperti crom selanjutnya yaitu menggosok mesin dengan shampoo. Busa lebih banyak akan lebih baik untuk melenyapkan sisa dari endapan oli di mesin. Bilas dengan air agar kotorannya terbawa keluar dari mesin. Jangan pernah memakai shampo untuk rambut, karena cat di body motor bisa luntur.

3. Memakai Sabun Cuci Piring

Keringkan mesin setelah dicuci dengan shampo. Berikutnya adalah pembersihan komponen secara detail, yang diawali dengan mencuci menggunakan sabun untuk cuci piring. Bisa juga memakai sabun colek. Fungsi sabun ini yakni mengatasi minyak membandel.

Jadi, nantinya rembesan oli bisa lebih mudah dihilangkan. Bersihkan semua area yang besar maupun kecil dengan bantuan sikat. Periksa kembali apakah masih terdapat noda yang menempel.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

4. Memanfaatkan Bensin

Gunakan bantuan bensin maupun solar apabila pembersihan dengan sabun piring tidak memberikan hasil maksimal. Cara mengkilapkan mesin motor seperti crom berikutnya yaitu memakai sikat atau amplas halus untuk membersihkan kerak yang mengeras dengan bensin. Jangan menggosoknya terlalu keras karena bisa menimbulkan goresan. Setelah selesai, bilas kembali dengan air kemudian dikeringkan.

5. Memoles dengan Metal Polish

Ambil metal polish untuk membuat mesin motor mengkilap. Produk ini dirancang khusus untuk menimbulkan efek kilap pada bahan besi. Terdiri dari dua tipe yaitu berbentuk cair dan juga bentuk pasta. Pilihannya dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan motor. Langkah awal agar pengkilapan lebih maksimal yaitu membersihkan blo mesin dengan air dan sabun cuci.

Setelah permukaan telah bersih, usapkan metal polish di semua area blok mesin menggunakan kain lembut. Gosok perlahan sampai mesinnya nampak mengkilap. Tunggu untuk beberapa saat sampai metal polishnya sudah benar-benar kering, lalu periksa lagi semua area mesin.

Apabila masih terdapat noda yang tertinggal, bersihkan kembali dengan memakai lap kering. Perlu diketahui bahwa soda api juga bisa dijadikan opsi untuk membuat mesin mengkilap apabila tidak memiliki metal polish. Soda api tinggal dioleskan memakai sikat atau kuas di blok mesin kemudian dibilas dan digosok dengan batu ijo sampai mengkilap.

Demikianlah informasi tentang cara mengkilapkan mesin motor seperti crom. Proses mengkilapkan mesin ini sebaiknya dilakukan satu kali dalam seminggu, berbarengan dengan waktu mencuci motor. Pastikan bahwa tidak terdapat sisa air hujan yang menempel di permukaan mesin, karena sifatnya yang korosif dan bisa menimbulkan karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.