Cara Membersihkan Kerak Sel Aki

Cara Membersihkan Kerak Sel Aki dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Para pengendara mobil pasti pernah menemui masalah di mana aki tidak bisa digunakan atau proses transmisi terhambat. Hal ini tidak selalu karena aki sudah rusak atau dayanya sudah habis, mungkin saja ada kerak putih yang tumbuh di sel aki dan menghalangi proses transmisi. Cara membersihkan kerak sel aki ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh pengendara.

Ada beberapa hal yang harus pengendara perhatikan ketika membersihkan sel aki ini. Hal ini agar dalam membersihkan sel aki pengendara tidak malah merusak akinya. Berikut ini adalah pembahasan mengenai bagaimana cara membersihkan kerak sel aki.

Cara Membersihkan Kerak pada Sel Aki Sendiri

Kerak dan jamur adalah hal yang wajar pada aki, biasanya kerak dan jamur ini tumbuh setelah aki sudah cukup lama digunakan. Hal yang menyebabkannya adalah oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat sehingga dapat menumbuhkan kerak pada sel aki bahkan juga pada kran aki.

Cara membersihkan kerak sel aki sendiri cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Pemilik kendaraan hanya membutuhkan sikat gigi bekas dan air panas. Untuk kerak yang yang tumbuh di bagian atas atau pada keran aki. Pemilik kendaraan bisa menyikatnya dengan sikat gigi tersebut, maka kerak aki akan rontok dengan sendirinya.

Ada kasus di mana kerak sangatlah tebal sehingga agak sulit untuk merontokkannya dan harus benar-benar digosok dengan kuat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menunggu kerak menebal untuk membersihkan kerak aki. Untuk kerak yang berada di bagian lebih dalam, pemilik kendaraan bisa menuangkan air panas. Kemudian mengocok-kocok bagian dalam aki sampai kerak dan jamur rontok.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Sel Aki Sendiri

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membersihkan sel aki sendiri merupakan hal yang mungkin saja dilakukan. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh pemilik kendaraan ketika membersihkan aki. Hal ini dapat menghindar aki dari kerusakan yang tidak diinginkan:

Baca Juga :  Rekomendasi Oli Transmisi Manual Terbaik Harga di Bawah 90 Ribu

1. Jangan Tunggu Kerak Menumpuk dan Mengeras

Hal ini telah disebutkan sekilas sebelumnya, ada beberapa kerak yang saking tebalnya dan sudah lama tidak dibersihkan. Kerak tersebut menjadi keras dan susah rontok, maka sikat gigi bekas saja mungkin tidak cukup untuk membersihkannya. Jika keadaan kerak sudah begini ada baiknya untuk menggunakan sikat yang lebih besar dan lebih kuat.

Jauh lebih baik jika pemilik kendaran membersihkan aki sedini mungkin. Jangan tunggu kerak menumpuk kemudian menjadi keras. Hal ini karena akan sulit dibersihkan selain itu hal tersebut dapat merusak mesin.

2. Jangan Gunakan Air yang Terlalu Panas

Kerak dan jamur yang ada di bagian dalam aki memang dapat rontok karena suhu dari air panas. Bukan berarti air panas yang digunakan harus benar-benar panas. Memasukkan air yang terlalu panas dalam aki. Tidak hanya akan merontokkan kerak dan jamurnya saja. Bisa juga merontokkan lapisan timah yang ada didalamnya karena itu sebaiknya dihindari.

3. Jangan Basahi Kerak dengan Cairan Lain Ketika Digosok

Banyak orang yang berpikir bahwa kerak bisa lebih mudah rontok ketika digosok jika dibasahi dengan cairan. Banyak orang menggunakan air sampai oli untuk menggosok kerak tersebut. Padahal ini tidak dibenarkan karena minyak atau cairan bisa mempengaruhi kerja kran aki nantinya.

Sebenarnya kerak dan jamur dapat rontok sekalipun tidak dibasahi dengan cairan tertentu. Jika keadaannya sudah parah, lebih baik untuk menggunakan cairan yang memang ditujukan untuk merontokkan kerak dan jamur pada aki.

Itulah cara membersihkan kerak sel aki dan hal-hal yang harus diperhatikan. Membersihkan aki sendiri memang terdengar mudah. Ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal di atas agar tidak menyebabkan kerusakan pada aki.

Baca Juga :  Wajib Tahu Perbedaan Oli Mpx dan Spx serta Keunggulannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.