Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan

Ternyata walaupun oli transmisi dan oli gardan sama-sama digunakan sebagai pelumas mobil. Dua jenis oli ini memiliki banyak perbedaan, perbedaan oli transmisi dan oli gardan ini harus dikenali oleh para pengendara. Sekilas kedua oli ini terlihat mirip namun sebenarnya memiliki peranan berbeda. Bisa saja para pengendara mengaplikasikan kedua oli ini secara keliru. Berikut ini adalah pengertian dari oli transmisi dan oli gardan.

Pengertian Oli Transmisi dan Oli Gardan

Oli Transmisi digunakan untuk melindungi dan melumasi gear percepatan, synchromesh dan berbagai komponen lain. Terutama komponen yang terlibat dalam proses akselerasi dan pergesekan. Fungsi utama dari oli transmisi ini adalah mencegah keausan pada setiap komponen yang dilapisinya. Oli transmisi biasanya dibedakan berdasarkan jenis mesin mobil yaitu mesin mobil otomatis atau mesin mobil manual.

Sementara oli gardan juga memiliki fungsi untuk melindungi, komponen yang dilindungi seperti side gear, drive pinion, dan berbagai komponen lain. Biasanya spesifikasi oli gardan dibuat lebih tinggi daripada oli transmisi. Hal ini karena kerjanya lebih berat daripada oli transmisi.

Perbedaan Antara Oli Transmisi dan Oli Gardan yang Paling Mendasar

Setelah mengetahui fungsi oli transmisi dan oli gardan, berikutnya akan dibahas bagaimana cara membedakan kedua jenis oli ini. Ada beberapa hal yang paling mendasar yang bisa  diperhatikan agar dapat membedakan kedua jenis oli ini dengan mudah:

1. Fungsi

Perbedaan oli transmisi dan oli gardan yang pertama adalah ada pada fungsinya. Seperti yang dituliskan sebelumnya, sebenarnya fungsi kedua jenis ini sama-sama untuk melindungi dan melumasi. Hal yang membedakan adalah komponen yang dilindungi oleh masing-masing jenis oli.

Oli transmisi berfungsi memastikan pergantian gigi dapat bisa berjalan lancar juga menghubungi transmisi ke bagian komponen lainnya. Sementara, oli gardan memiliki fungsi utama sebagai pelindung dan pelumas komponen-komponen penyusun mesin yang seringkali bergesekan.

Baca Juga :  Sarapan Bareng Jokowi, Marc Marquez Cs Disuguhi Wedang Jahe

2. Warna Tampilan

Karena memiliki tujuan komponen yang berbeda makan wajar jika tampilan kedua jenis oli ini memiliki perbedaan. Oli gardan biasanya berwarna keemasan, warna ini kemudian akan menggelap seiring berjalannya waktu. Jika sudah waktunya untuk diganti maka oli gardan ini akan menjadi berwarna hitam.

Sementara, oli transmisi memiliki warna merah, sama seperti oli gardan, oli transmisi dapat berubah warna menjadi kehitaman jika sudah lama digunakan. Jika warnanya sudah menjadi hitam maka sudah waktunya oli untuk diganti.

3.Kandungan yang Berbeda

Oli gardan dan oli transmisi memiliki warna berbeda karena memiliki kandungan yang berbeda pula. Biasanya terbuat dari mineral atau minyak bumi, namun seiring dengan berkembangnya teknologi kini ada juga oli gardan yang menggunakan bahan sintetik atau juga bahan campuran.

Sementara, oli transmisi juga terbuat dari bahan serupa namun ditambahkan zat aditif dan kandungan detergen. Serta kandungan antioksidan dan anti karat karena kandungan inilah yang akan menjaga komponen-komponen yang dilapisinya agar tetap awet.

4. Waktu Penggantian

Oli gardan cenderung harus lebih sering diganti dibandingkan oli transmisi. Biasanya oli ini digunakan untuk diganti setiap 5000 hingga 10.000 KM sekali. Harus lebih sering jika pengendara menggunakan jenis oli mineral atau yang terbuat dari minyak bumi. Sementara, oli transmisi bisa diganti setiap 30.000-40.000 km sekali.

5. Area yang Dilindungi

Alasan mengapa ada perbedaan yang sangat besar dalam waktu penggantian oli gardan dan oli transmisi adalah karena area penggunaan kedua oli tersebut. Oli gardan bekerja di seluruh bagian mesin. Berbeda dengan oli transmisi yang hanya melindungi komponen pada sistem transmisi saja. Oleh karena itu oli gardan lebih sering diganti.

Baca Juga :  Produksi Truck Dan Bus Daimler Di Brasil Macet Karena Semikonduktor, 5.600 Karyawan Diliburkan

Itulah perbedaan antara oli transmisi dan oli gardan, mengenali perbedaan dari kedua oli ini bisa saja sangat bermanfaat bagi para pengendara. Terutama ketika sedang proses penggantian oli sehingga pengendara bisa memastikan sendiri bahwa yang diberikan adalah jenis oli yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.