Jangan Tunggu Mogok! Kenali Tanda Aki Mobil Soak

Jangan Tunggu Mogok! Kenali Tanda Aki Mobil Soak

Aki memegang peranan yang sangat penting bagi kendaraan, aki berfungsi untuk menyalurkan daya listrik. Terutama untuk komponen kendaraan seperti lampu dan stater yang berguna untuk menyalakan mesin kendaraan. Karena itu menjaga aki dalam kondisi baik sangatlah penting. Jangan tunggu sampai mobil mogok. Ada berbagai tanda aki mobil soak dan mulai tidak bisa digunakan.

Ada baiknya pemilik mengenali tanda-tanda ini sehingga mobil tidak sampai mogok. Oleh karena itu, dalam artikel di bawah ini akan dibahas tanda-tanda aki mobil yang sudah soak atau rusak:

1. Lampu Redup

Tanda yang paling mudah dikenali jika aki mobil soak adalah lampu depan yang mulai meredup. Hal ini karena aki merupakan sumber listrik utama dalam mobil. Jika kerusakan terjadi pada aki hal pertama yang mempengaruhinya tentu saja komponen elektronik. Komponen elektronik yang paling mudah dilihat adalah lampu yang terpasang di depan dan di belakang body mobil.

2. Suara Klakson yang Melemah

Tanda aki mobil soak lain yang mudah dikenali adalah suara klakson yang mulai melemah. Umumnya klakson akan mengeluarkan suara yang keras dan menggelegar. Hal ini agar suara klakson mudah didengar oleh pengendara dengan baik dan jelas. Jika aki sudah mulai soak atau rusak maka suara klakson akan mulai terdengar lemah.

Suara klakson akan tetap terdengar lemah sekalipun pemilik mobil sudah menekan tombol klakson dengan keras. Jika hal ini terjadi sudah pasti ada sesuatu sedang terjadi pada aki mobil. Mungkin saja aki mobil sudah mulai rusak.

3. Mobil Mulai Susah Distarter

Jika biasanya pemilik hanya memerlukan satu kali starter untuk menyalakan mesin mobil namun sekarang butuh dua sampai tiga kali stater baru mesin mobil mau menyala. Selain itu, mesin mobil juga sering mati tiba-tiba jika digunakan berkendara. Biasanya hal ini terjadi karena air aki berada pada batas minimal.

Baca Juga :  Siap-Siap Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak Akan Diadakan

Hal ini mengakibatkan aki kesulitan mengalirkan daya listrik sesuai dengan kebutuhan. Jika memang itu masalahnya, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan air aki pada komponen aki terutama jika pemilik menggunakan aki basah. Bisa saja karena aki sudah benar-benar rusak atau soak dan harus diganti dengan yang baru.

 4.Usia Aki

Aki mobil sendiri memiliki usia pemakaian yang merupakan rentang waktu di mana aki tersebut bisa digunakan. Pada umumnya aki memiliki usia pemakaian sepanjang 2 tahun. Hanya saja, usia ini bisa lebih lama dan panjang lagi jika pemilik rutin melakukan perawatan. Pastikan juga pengguna tidak menggunakan aki mobil secara berlebihan.

Walaupun dirawat secara rutin, mungkin saja usia aki memang sudah mencapai batas kegunaannya. Ketika hal ini terjadi, maka pemilik kendaraan tidak ada pilihan lain selain mengganti aki mobil dengan aki mobil yang baru.

5. Tegangan Aki Kurang dari 10 Volt

Ciri-ciri utama aki mobil sudah soak adalah tegangan aki yang sudah berada di bawah angka 10 volt. Untuk mengecek tegangan aki ini, pemilik bisa menggunakan load tester atau cranking. Kurangnya tegangan pada aki ini merupakan tanda utama jika aki sudah berada di ujung usia pemakaian.

Itulah tanda aki mobil soak, jangan menunggu mobil sampai mogok untuk mengganti atau memperbaiki aki mobil. Jika tanda-tanda di atas sudah muncul ada baiknya bagi para pemilik untuk segera mengecek kondisi aki mobil. Kalau mobil memang sudah tidak bisa diperbaiki, lebih baik untuk langsung diganti saja. Mempertahankan aki yang sudah soak bukannya malah menghemat pengeluaran. Justru malah akan merusak mesin mobil untuk selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.