peralatan bengkel sepeda mtb

Macam Peralatan Bengkel Sepeda MTB Untuk Para Pemula

Bagi para pengendara sepeda MTB yang mungkin tertarik untuk mempelajari cara memperbaiki atau merawat sepeda MTB sendiri. Pastinya harus memiliki peralatan bengkel sepeda MTB namun tidak semua peralatan bengkel harus dimiliki. Terutama untuk para pemula, lebih baik melengkapi peralatan bengkel yang memang dibutuhkan dan yang basic saja.

Berikut ini adalah macam-macam peralatan bengkel yang digunakan untuk memperbaiki sepeda MTB. Peralatan-peralatan dibawah ini menjadi peralatan awal yang harus disiapkan oleh para pemula. Jika ingin memulai mempelajari cara memperbaiki sepeda MTB sendiri:

1. Standar Untuk Perbaikan Sepeda

Standar sepeda ini berbentuk rangka besi yang difungsikan untuk meletakkan sepeda. Ketika sepeda sedang diperbaiki, dengan menggunakan alat ini pemilik bisa dengan mudah dan bebas memperbaiki sepeda. Selain itu rangka sepeda ini akan memudahkan pemilik untuk mengecek sepeda dari segala arah dan melihat ke detail-detail sepeda.

2. Kunci Pas

Peralatan bengkel sepeda MTB kedua untuk para pemula adalah kunci pas atau spanner atau yang juga disebut dengan nama wrench. Kunci pas biasanya terbuat dari logam campuran chrome vanadium. Adapun kunci pas ini biasanya tersedia dalam dua sudut yaitu 15 derajat dan 90 derajat.

Kunci pas sendiri sebenarnya memiliki banyak ukuran dengan fungsinya masing-masing dan ditujukan untuk berbagai kendaraan yang berbeda. Satuan pada ukuran kunci pas menggunakan ukuran metrik atau mm. Untuk sepeda MTB sendiri sebaiknya menggunakan kunci pas dengan ukuran 8 mm, 9 mm, 10 mm, dan 11 mm.

3. Obeng

Tidak hanya untuk sepeda MTB, obeng sendiri adalah peralatan yang paling dasar dan paling basic dalam dunia perbengkelan. Karena itu sangat wajib untuk para pemilik memiliki obeng walaupun masih dalam tahap pemula. Ada beberapa model obeng yang digunakan di Indonesia. Model obeng yang paling umum ditemui adalah obeng kembang atau plus (+) dan obeng slotted atau yang sering juga disebut obeng (-).

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Mesin Motor Cepat Panas yang Harus Diketahui

Obeng juga berbagai dalam berbagai ukuran, namun untuk sepeda MTB lebih baik menggunakan ukuran obeng yang standar saja. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar, disesuaikan juga dengan ukuran dan jenis sepeda MTB-nya.

4. Kunci Pedal

Salah satu komponen sepeda yaitu pedal biasanya memiliki mur khusus yang berbeda-beda di setiap jenis sepeda. Karena itu diperlukan kunci pedal untuk membuka mur pedal, untuk sepeda MTB sendiri biasanya bentuknya panjang dan lebih tipis. Tempatnya juga biasanya lebih tersembunyi dengan kunci pedal khusus akan lebih mudah dijangkau.

5. Pembuka Rantai Sepeda untuk Sepeda MTB

Alat pembuka rantai sepeda biasanya memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan jenis sepeda dan ukuran rantainya. Pembuka rantai untuk ukuran kecil tidak mungkin bisa membuka rantai dengan ukuran lebih besar. Karena itu penting bagi pemilik untuk memilih pembuka rantai sepeda yang ukurannya sesuai. Lebih baik lagi jika pemilik menggunakan pembuka rantai sepeda yang dikhususkan untuk sepeda MTB.

Itulah macam-macam peralatan bengkel sepeda MTB yang harus dimiliki oleh para pemula. Jika pemilik sudah memiliki alat-alat di atas. Setidaknya sudah cukup untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan minor pada sepeda. Peralatan tersebut juga sudah cukup untuk para pemilik melakukan cek keadaan sepeda MTB secara rutin.

Sebenarnya masih ada banyak lagi macam peralatan bengkel yang ditujukan untuk sepeda MTB.  Jumlah dan kebutuhan peralatan bisa ditambah seiring dengan bertambahnya kemampuan untuk memperbaiki. Jika masih pemula, peralatan yang disebutkan di atas saja sudah mencukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.