cara pasang relay klakson mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Tanpa Harus Berlama-lama

Klakson merupakan komponen yang kecil namun memiliki peran yang penting bagi sebuah kendaraan. Fungsi utama dari klakson ini adalah memberikan peringatan kepada kendaraan lain ketika sedang berada di jalan raya. Seringkali pengendara ingin memodifikasi klakson agar bunyinya lebih nyaring dan lebih keras. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan cara pasang relay klakson mobil. Ingin tahu caranya? Simak penjelasan berikut:

1. Mempersiapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Peralatan untuk memasang klakson ini beraneka ragam dan tidak boleh dilewati begitu saja. Tentu saja membeli peralatan ini melalui toko onderdil mobil terdekat atau dapat juga membeli secara online melalui platform e-commerce ternama.

Adapun peralatan yang harus dipersiapkan adalah relay itu sendiri yang memiliki kaki 4, socket relay, isolasi, tang, dan yang terakhir adalah kabel engkel dengan diameter 1,5 hingga 2 milimeter. Peralatan tersebut sangat mudah sekali untuk dicari sehingga tidak akan kesulitan untuk memasang relay klakson.

2. Bongkar Klaksonnya

Peralatan yang sudah dipersiapkan harus segera dirakit agar klakson dapat digunakan. Carilah tempat yang aman untuk melakukan  cara pasang relay klakson mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tak terduga. Pengguna bisa memilih tempat seperti di depan rumah yang pencahayaannya terang namun alangkah lebih baik jika atasnya memiliki penutup agar tidak kehujanan.

Tentu saja sebelum memasang relay, maka harus dilakukan pembongkaran klakson terlebih dahulu. Anak otomotif pasti mengetahui bagaimana bagaimana cara membongkar klakson tersebut sehingga tidak perlu dibawa ke bengkel. Selanjutnya, cabut semua kabel yang terdapat di dalam klakson tersebut tanpa terkecuali.

3. Mengatur Posisi Kaki Relay Nomor 85 dan Nomor 86

Relay yang dipilih untuk memodifikasi klakson ini adalah yang berkaki 4 serta terdiri dari 4 bagian yaitu nomor 85, 86, 87, dan 30. Cara yang nomor 3 ini adalah mengatur posisi kaki relay nomor 85 dan 86 dengan cara menyambungkan ke kabel klakson lama yang tadi sudah dibongkar. Tidak masalah jika harus bongkar pasang yang terpenting klakson relay dapat digunakan

Baca Juga :  Mengenali 7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

4. Mengatur Posisi Kaki Relay 87

Terdapat 2 kaki relay yang belum diatur yaitu kaki relay nomor 87 dan 30. Pada tahap ini kaki relay no 87 disambungkan dengan aki positif atau langsung sambungkan ke akinya. Mudah sekali menyambungkan kaki ini dengan aki positif. Pengguna yang merasa kebingungan dapat mencari tutorialnya di Youtube. Ada banyak sekali pilihan video yang siap ditonton.

Catatan bagi yang ingin melakukan cara keempat ini adalah harus memasang sekering untuk pengamanan terlebih dahulu. Pemasangan ini tentu saja sangat penting agar tidak terjadi hal buruk yang akan berpengaruh terhadap mobil tersebut. Apabila pemasangan sudah selesai, cek kembali apakah sudah terpasang secara sempurna atau belum.

5. Atur Kaki Relay 30

Bagian terakhir yang harus diatur adalah relay kaki 30. Nantinya relay 30 ini akan disambungkan ke salah satu konektor klakson agar bunyinya dapat keluar dengan suara keras dan nyaring. Perlu diketahui bahwa klakson ini terdiri dari dua bagian dan klakson yang satunya dapat dilakukan ground langsung ke badan klakson. Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?

Melakukan cara pasang relay klakson mobil ini dapat dilakukan dengan mudah apabila sudah mengerti komponen-komponen yang ada di dalamnya. Orang awam sekalipun dapat mempelajari cara-cara yang telah disampaikan di atas apabila menyimak dengan seksama. Pengguna akan semakin paham jika dibersamai dengan menonton tutorial di Youtube atau bertanya dengan orang yang memang sudah ahli dalam merakitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.