umur aki gs hybrid

Umur Aki GS Hybrid Wajib Diketahui Pengguna Mobil

Aki adalah komponen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup mobil. Umumnya, terdapat 2 jenis aki yang beredar di masyarakat yaitu aki basah dan aki kering namun sekarang terdapat tambahan 1 jenis aki yaitu aki GS Hybrid. Aki tersebut memiliki kualitas yang lebih unggul sehingga sering dipakai. Menggunakan aki tersebut tentu saja harus mengetahui umur aki GS Hybrid. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Umur Aki GS Hybrid

Aki GS Hybrid merupakan jenis aki yang bisa dipakai oleh semua jenis mobil. Jenis aki ini menggabungkan dua teknologi sekaligus yaitu aki jenis konvensional (aki kering dan aki basah) dengan MF (Maintenance Free). Bahan untuk membuat aki ini sama dengan aki konvensional yaitu cairan elektrolit, bedanya adalah aki GS Hybrid ini dilengkapi dengan penguapan minim.

Catatan yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah aki jenis GS Hybrid ini jarang dijual di toko yang biasa sehingga harus berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Selanjutnya, cairan yang terdapat di dalam aki ini memiliki sifat yang korosif sehingga dapat merusak kulit pengguna. Penting sekali untuk menjaga diri agar tidak sampai tersentuh aki jenis ini.

Layaknya dengan aki konvensional, jenis aki ini juga perlu untuk diganti karena memiliki rentan umur pakainya. Umur aki GS Hybrid biasanya adalah 1 hingga 2 tahun pemakaian. Banyak toko yang menyediakan aki ini dengan memberi garansi 1 tahun saja karena setelah itu kinerja dari aki akan menurun sehingga toko tidak mau mengambil resiko.

Aki yang sudah rusak memang harus segera diganti agar tidak menimbulkan hal buruk bagi mobil. Biasanya aki yang sudah mulai rusak akan menimbulkan gejala seperti lampu mulai redup hingga mesin mobil mogok atau tidak mau menyala. Alangkah lebih baik jika pengguna selalu menghitung jangka waktu akinya agar tidak sampai rusak parah.

Baca Juga :  Cara Mudah Memperbaiki Karburator Motor di Rumah

Tanda Aki Harus Diganti

umur aki gs hybrid

Mengetahui umur aki memang merupakan kewajiban bagi pengguna mobil. Tak hanya itu saja, pengguna juga harus mengetahui tanda-tanda bahwa aki harus diganti agar tidak sampai rusak parah. Orang awam pasti tidak paham dengan hal ini namun sangat perlu untuk dipelajari. Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dikenali:

1. Kondisi Air Aki Keruh

Tanda yang pertama adalah dengan melihat cairan kakinya terlebih dahulu. Umumnya, aki yang sudah rusak itu berwarna keruh. Warna keruh tersebut dapat disebabkan karena kotoran yang sudah lama menumpuk sehingga kelihatan sekali ketika aki dibuka. Tanda lainnya adalah bengkoknya sel aki disertai dengan warna putih yang menyelimuti.

2. Cek Voltase Aki

Voltage aki yang normal dengan aki yang rusak tentu memiliki perbedaan yang signifikan sehingga dapat dikenali dengan mudah. Cara mengeceknya yaitu dengan menggunakan alat tester aki. Umumnya aki normal dalam keadaan mesin yang mati mencapai 12,45 volt sedangkan ketika mesin menyala voltase nya mencapai 13-14 volt.

Pengguna dapat mengenali kondisi aki yang rusak yaitu dengan memperhatikan voltage akinya. Apabila voltage kurang atau lebih dari kondisi aki normal, maka dapat dipastikan bahwa aki tersebut sedang bermasalah sehingga perlu dilakukan perbaikan. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai umur aki GS Hybrid beserta dengan tanda-tanda yang harus dikenali apabila aki rusak. Pengguna yang memiliki mobil harus mengetahui informasi yang telah disajikan di atas agar jika terjadi kerusakan dapat dikenali sejak dini. Informasi tersebut membantu pengguna agar tidak mudah dibohongi oleh pihak bengkel yang tidak bertanggung jawab.

https://1text.com/plagiarismchecker/60f7a75bad465

Baca Juga :  Mobil Tesla Harganya Kembali Naik, Ini Rincian Untuk Setiap Tipe Yang Dijual

Leave a Reply

Your email address will not be published.