perbedaan aki kering dan basah pada mobil

5 Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Mobil yang Harus Diketahui

Berbagai jenis aki yang hadir untuk kendaraan memiliki fungsi yang hampir serupa namun terdapat pula perbedaannya. Contohnya seperti perbedaan aki kering dan basah pada mobil yang memiliki beberapa perbedaan tertentu. Hal ini juga harus diketahui oleh pemilik kendaraan agar dapat menentukan aki atau accu yang dirasa sesuai karena fungsinya yang sangat penting untuk kendaraan.

Setiap perbedaan aki kering dan basah pada mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kebutuhan mobil sehingga dapat menyesuaikannya dengan kemampuan accu. Nah selanjutnya pengguna harus memahami perbedaan accu kering dan basah pada kendaraan yang dirangkum dalam penjelasan sebagai berikut:

1. Bentuk Cairan Akumulator yang Digunakan dan Titik Penguapan

Aki membutuhkan cairan agar dapat menyimpan setrum, pada accu kering cairan yang dibutuhkan berbentuk seperti gel. Alasannya adalah agar cairan tidak merusak accu kering karena lebih sensitif terhadap basah. Selain itu, pada accu basah memiliki cairan seperti air yang lebih encer dibanding cairan gel milik accu kering, jadi jangan sampai pemilik salah membeli cairan accu.

2. Separator Akumulator

Bentuk separator accu juga berbeda sama dengan halnya cairan untuk accu kering dan basah. Pada accu kering berbentuk seperti kapas yang tidak mudah berubah meskipun terdapat guncangan yang cukup besar sedangkan accu basah berbeda. Separator pada accu basah akan lebih mudah terguncang yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada accu apabila susunannya berubah.

3.  Tingkat Harga Pembelian

Harga yang ditawarkan oleh produsen accu kering memiliki perbandingan harga yang agak mahal dibanding aku basah. Hal ini menyangkut karena beberapa komponen yang memerlukan biaya serta accu kering merupakan pengembangan dari accu basah. Akan tetapi, apabila accu kering mengalami kerusakan akan menjadi lebih sulit untuk diperbaiki karena lebih rumit untuk dibongkar pasang.

Baca Juga :  4 Daftar Mobil Sport Murah, Harga Dibawah 1 Miliar

Pada sisi lain terdapat accu basah yang lebih bersahabat dan ekonomis pada segi harga dibanding accu kering. Hal ini juga ditambah dengan kelebihannya untuk lebih mudah diperbaiki karena bongkar pasang yang sederhana.

4. Cara Menyimpan dan Merawat Accu

Berkaitan dengan poin sebelumnya yang menjelaskan tingkat harga yang dimiliki oleh accu basah dan kering. Kendati demikian, accu kering lebih mahal dan memerlukan tambahan beberapa rupiah namun lebih mudah dalam merawatnya. Sebab accu kering membutuhkan lebih sedikit perhatian dan maintenance yang cocok bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Accu basah yang lebih murah perlu perhatian dan perawatan ekstra karena harus lebih sering dicek berulang dan rutin. Hal ini harus dilakukan agar kendaraan tidak cepat rusak dan kerusakan accu basah karena kelalaian tidak memengaruhi bagian lainnya. Akan tetapi jika pengguna dapat merawatnya dengan baik, accu basah dapat diisi ulang dan digunakan berulang kali.

5. Kestabilan Tegangan Akumulator

Perbedaan aki kering dan basah pada mobil kali ini berkaitan dengan kestabilan tegangan accu. Berdasarkan paparan sebelumnya, memang accu kering lebih modern karena merupakan pengembangan dari accu basah. Accu kering dianggap lebih stabil meskipun tegangan yang dimiliki naik turun yang lebih baik untuk performa mobil.

Sebenarnya kedua jenis tersebut merupakan accu yang paling banyak beredar dan mudah ditemukan di pasaran. Perbedaan aki kering dan basah pada mobil memang tidak terlalu banyak, namun perbedaan ini yang menjadi kunci utama menentukan pilihan. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap jenis accu dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.