cara memperbaiki aki sepeda listrik

Mengetahui Cara Memperbaiki Aki Sepeda Listrik Tanpa Harus ke Bengkel Beserta Penyebabnya

Aki pada sepeda listrik tentunya berbeda dengan aki yang ada di kendaraan lain seperti motor atau mobil. Perbedaannya terletak pada harga dan fungsinya, aki listrik memiliki fungsi untuk menyimpan daya listrik setelah melakukan pengecasan. Ketika pemilik tidak mampu merawatnya dengan baik maka harus mengetahui penyebab kerusakan dan cara memperbaiki aki sepeda listrik sendiri.

Perlu untuk mengetahui penyebab agar menyesuaikan cara penanganan dan tidak menimbulkan masalah baru pada aki. Selain itu, beberapa hal yang sering dianggap sepele terkadang memengaruhi dan mengurangi masa hidup aki. Penjelasan berikut ini merupakan informasi yang dapat digunakan oleh pemilik untuk mengetahui penyebab dan cara memperbaiki aki sepeda listrik tanpa harus ke bengkel:

Mengetahui Penyebab Kerusakan Aki Sepeda Listrik

Keharusan untuk mengetahui asal usul suatu masalah pada kendaraan adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Setelah mengetahui, barulah pemilik kendaraan dapat menentukan cara penanganan yang dapat dilakukan. Simak poin selanjutnya untuk mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada aki sepeda listrik adalah sebagai berikut:

1. Beban Sepeda Terlalu Berat

Hal pertama yang seringkali tidak disadari oleh pengguna adalah beban ternyata mempengaruhi kinerja aki. Sebenarnya tidak masalah ketika mengangkut penumpang dalam keadaan aki tidak bekerja atau dikayuh seperti biasa. Akan tetapi beban berat yang berulang kali hadir akan membuat kinerja aki harus lebih besar dan akan mempercepat penghabisan daya listrik yang dimiliki.

2. Jalur Sepeda yang Kurang Sesuai

Sepeda listrik sebenarnya didesain untuk jalan lurus dan datar karena lebih cocok dan tidak membuang banyak energi. Serupa dengan kasus sebelumnya, penggunaan sepeda listrik pada jalanan terjal atau menanjak akan memberikan beban berat. Dampaknya aki harus bekerja lebih ekstra untuk dapat mencapai posisi yang diinginkan pengguna serta daya listrik akan cepat habis.

Baca Juga :  Tips Berkendara Aman Menggunakan Skuter Di Jalur Menanjak Dan Menurun

3. Kondisi Baterai Akibat Cara Pengecasan

Aki listrik yang dicas adalah sebuah keharusan agar dapat memberikan energi dan sepeda listrik akhirnya bisa digunakan. Akan tetapi, terdapat cara pengecasan yang salah seperti membiarkan pengecasan lebih lama padahal baterai habis total. Hal lain misalnya memaksimalkan dan selalu melakukan pengecasan hingga daya terisi penuh bahkan tidak kunjung dicabut.

Menangani Permasalahan Pada Aki Sepeda Listrik

Langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memperbaiki aki sepeda listrik sendiri di rumah. Hal ini tentu akan lebih hemat biaya, meskipun harus meluangkan waktu untuk segera memperbaikinya. Berikut merupakan langkah per langkah untuk menangani kerusakan pada aki sepeda listrik yang dijelaskan berikut ini:

1. Persiapkan Alat dan Lepas Aki

Pastikan dirumah memiliki alat yang menunjang proses perbaikan seperti kabel merah dan multimeter. Setelah mempersiapkan hal tersebut, kemudian pemilik harus melepas dan membongkar aki listrik. Biasanya aki listrik sepeda berada di dalam sebuah box atau kotak sehingga pemilik harus melepas bagiannya satu per satu dengan sabar dan jangan dipaksakan.

2. Mengecek Tegangan Aki Sepeda Listrik

Letakkan kabel aki ke multi meter satu per satu dengan bantuan kabel merah, jika tegangan kurang dari 12 volt maka cas terlebih dahulu. Pada sisi lain, apabila tegangan lebih dari 12 volt mungkin saja terdapat bagian yang konslet atau rusak pada aki. Cek jarum pada multimeter, apabila jarum stabil maka aki hanya harus dicas.

Setelah mengetahui penyebab dan cara memperbaiki aki sepeda listrik, kini pemilik dapat melakukan hal tersebut di rumah. Jangan terburu-buru juga untuk segera mengganti aki sepeda listrik dengan yang baru karena mungkin saja cara tersebut dapat berguna. Akan tetapi mungkin juga beberapa cara yang dilakukan harus sesuai dengan penyebab masalah yang timbul agar benar-benar bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.