Aki GS vs Yuasa

Aki GS vs Yuasa, Kira-Kira Mana yang Lebih Baik

Aki adalah salah satu komponen terpenting dalam kendaraan terutama dalam komponen elektroniknya. Aki memegang peran yang sangat besar sebagai sumber listrik dalam kendaraan. Terutama dalam mobil yang notabennya kebutuhan listriknya lebih besar dibandingkan motor. Sebab, hal ini pula aki GS vs Yuasa sering diperbandingkan karena keduanya merupakan merk aki yang terkenal.

Baik aki GS maupun Yuasa dikenal memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Sebenarnya mana sih yang lebih baik di antara kedua merk Aki ternama ini. Berikut ini adalah uraian mengenai perbandingan antara kedua merk aki ternama ini:

1. Dilihat dari Sisi Harga

Jika melihat dari sisi harga, baik aki dari produsen GS maupun Yuasa, keduanya sama-sama memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun, perlu diakui bahwa harga aki GS cenderung lebih murah dibandingkan aki Yuasa. Walaupun begitu, kualitas yang diberikan oleh aki GS bisa dibilang tidak terlalu berbeda jauh dengan kualitas yang diberikan aki Yuasa.

2. Ketersediaan Ukuran

Hal yang paling sering dibandingkan dalam aki GS vs Yuasa adalah ketersediaan varian ukuran aki. Apabila dilihat dari sisi ini, Yuasa bisa dibilang lebih baik daripada GS, karena Yuasa menjadi merk aki mobil yang menyediakan berbagai macam ukuran aki. Ukuran aki ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobil dan jenis mesinnya.

Hal ini bukan berarti GS tidak memiliki varian ukuran seperti Yuasa. GS juga memiliki varian ukuran seperti halnya merk Yuasa. Namun jangkauan dan ketersediaannya bisa dibilang tidak seluas aki dari Yuasa.

3. Ketahanan dan Keawetan

Kedua merek ini, baik GS maupun Yuasa sama-sama menjanjikan model aki yang awet dan tahan lama. Namun di pasaran sendiri banyak orang yang mengandalkan aki dari GS dalam keadaan darurat. Hal ini menunjukan bahwa dalam hal-hal tertentu aki GS lebih dapat diandalkan daripada aki Yuasa.

Baca Juga :  Kia Carens Dan All New Lexus NX Curi Perhatian Pengunjung Jakarta Auto Week 2022

Aki GS memang terkenal sebagai aki mobil yang tidak hanya berkualitas namun juga durasi pemakaiannya yang cukup lama. Selain itu biaya perawatan juga minim dibandingkan dengan merk aki lainnya. Namun bukan berarti Yuasa tidak awet atau tidak tahan lama, Yuasa juga memiliki jangka pemakaian yang cukup panjang dan cukup bisa diandalkan.

4. Segi Perawatan Aki

Aki adalah komponen yang membutuhkan perawatan secara rutin agar dapat bertahan lama. Walaupun aki diklaim tahan lama namun tanpa adanya perawatan dari si pemilik maka aki tetap saja akan cepat rusak. Berdasarkan segi perawatan bisa dibilang aki Yuasa tidak masalah jika tidak terlalu sering dicek. Biaya perawatannya juga bisa dibilang lebih kecil jika dibandingkan dengan aki GS.

Namun walaupun begitu bukan berarti pemilik akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak jika menggunakan aki GS. Terutama biaya perawatannya, jika dibandingkan dengan harga awalnya yang lebih murah. Tentu saja, biaya perawatan aki GS ini masih terbilang wajar.

5. Ragam Spesifikasi Aki

Setiap jenis dan model kendaraan membutuhkan spesifikasi dan kapasitas aki yang berbeda. Baik aki GS maupun Yuasa sama-sama memiliki banyak varian sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang ada. Mulai dari rentang nomor CCA atau Cold Cranking Amperes sampai nilai Ah atau Ampere hour. Pengendara tidak perlu khawatir jika memilih kedua merk aki ini. Karena akan tersedia banyak pilihan dimana pengendara bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kendaraan yang dimiliki.

Itulah pembahasan dari aki GS vs Yuasa, setelah membaca pembahasan di atas, kira-kira aki mana yang lebih baik? Aki dari GS atau Yuasa. Jelas hal ini tidak bisa dibandingkan karena sebenarnya kedua merek memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pengendara yang ada.

Baca Juga :  Pilihan Tepat, Harga Resmi Honda CB150X Dirilis, Cuma Rp 32-33 Jutaan Saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.