Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel

Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel yang Mudah dan Benar

Terkadang, kunci kontak atau ignition switch yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin motor mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara pasang kunci kontak motor 4 kabel.

Pasalnya, jika kunci kontak rusak, maka motor tidak akan berfungsi dengan baik. Kerusakan kunci kontak juga bisa disebabkan oleh sejumlah hal, seperti sistem kelistrikan yang error,  mekanik yang sudah aus, dan lain sebagainya.

Biasanya, kunci kontak mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas karena usia pakai kunci kontak yang sudah lama. Pada dasarnya, solusi terbaik jika kunci kontak mengalami kerusakan yaitu mengganti semua modul kunci kontak motor.

Tapi, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu cara pasang kunci kontak motor 4 kabel sebelum membeli modul kunci kontak motor. Dengan mempelajari sedikit tentang sistem kelistrikan bagian kunci kontak, maka bisa menghindari kesalahan ketika memasang kunci kontak.

Ketahui Jumlah kabel kunci kontak motor

Ketika membahas tentang kelistrikan motor, maka tidak terlepas dari pembahasan tentang kabel otomotif motor. Kunci kontak motor memiliki variasi kabel yang berbeda tergantung dari tipe, merk, dan negara yang memproduksinya.

Di Indonesia, setidaknya ada 2 variasi kabel kunci kontak motor, yaitu  2 kabel dan 4 kabel. Motor dengan kunci kontak 2 kabel biasanya motor-motor lama. Sedangkan, motor-motor keluaran sekarang kebanyakan sudah menggunakan kunci kontak 4 kabel.

Tapi, ada juga motor yang menggunakan kabel lebih dari 4 kabel, sehingga sistem keamanannya lebih bagus dan lebih canggih. Nah, karena variasi kabel yang banyak, maka pastikan kamu membeli kunci kontak motor yang sesuai, ya. Hal ini juga penting agar cara pasang kunci kontak motor 4 kabel mudah dan benar.

Ketahui Rangkaian Kunci Kontak Pada Motor

Rangkaian yang paling sederhana dari kunci kontak sepeda motor yaitu memutuskan dan menyambungkan arus listrik ke coil atau CDI motor. CDI adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi mengatur sistem pengapian yang ada di mesin motor.

Baca Juga :  Inilah Daftar Mobil Offroad Murah Bisa Jadi Alternatif untuk Hobimu

Jadi, ketika motor berada di posisi ON, maka CDI akan menerima arus listrik dan siap menyalakan mesin. Sebaliknya, ketika berada di posisi OFF, maka CDI tidak menerima arus listrik, sehingga mesin mati.

Saat ini, kunci kontak sudah semakin canggih dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Oleh karena itu, kebanyakan kunci motor sudah lengkap dengan mekanik yang bisa mengunci stang motor dan sudah punya koneksi kabel lebih dari dua.

 

Sebagai contoh, kunci kontak 4 kabel memiliki 4 kabel yang tersambung ke kutub – aki, kutub + aki, CDI, dan asesoris motor lainnya, seperti lampu motor.

Meski tidak ada warna baku atau standard untuk masing-masing kabel, biasanya kutub listrik + memiliki warna merah dan kutub listrik – memiliki warna hitam.

Ketahui Jenis-jenis Koneksi Kunci Kontak Motor

Tidak ada patokan yang pasti untuk berapa jumlah kabel di setiap kunci kontak motor. Hal ini karena jumlah kabel tergantung dari merk, kecanggihan, tipe, dan negara yang memproduksinya.

Sebagai pengetahui, ada kunci kontak yang menggunakan 3 koneksi atau 3 kabel. Selan itu, ada juga yang menggunakan 7 kabel, 6 kabel, 5 kabel, 4 kabel, dan 2 kabel. Lebih banyak koneksi atau kabelnya, maka semakin canggih pula kunci kontaknya.

Selain itu, setiap jenis kunci kontak juga memiliki cara pasang kunci kontak motor 4 kabel yang berbeda.

Baiklah, sekian penjelasan tentang cara pasang kunci kontak motor 4 kabel, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, ya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.