Cara Menghitung Cc Motor

3 Cara Menghitung Cc Motor, Mudah dan Praktis!

Pada dasarnya, kamu bisa mengetahui cc motor dari keterangan resmi yang diberikan oleh pabrikan motor yang kamu beli. tapi, terkadang ada pengguna motor yang ingin memodifikasi volume cc, sehingga kamu perlu tahu cara menghitung cc motor.

Nah, kamu bisa mengetahui cc motor dengan cara menggunakan rumus tertentu. Lantas, rumus apa yang digunakan? Yuk, simak ulasannya di artikel ini sampai selesai.

Ketahui Kapasitas Mesin

Sebelum kamu mulai menghitung cc motor, kamu harus tahu kapasitas mesin motor terlebih dahulu. Nah, cara menghitung cc motor yaitu menggunakan rumus “cc = 0,785 X (D X D) X L”.

D merupakan koefisien untuk diameter piston, sedangkan L adalah koefisien untuk panjang stroke. Sebagai contoh, jika kamu memiliki motor dengan D: 63,5 mm dan L: 62,2 mm, maka cc nya adalah:

cc = 0,785 X (D X D) X L

cc = 0,785 X (63,5 X 63,5) X 62,2

cc = 196,882.

Angka tersebut biasanya dibulatkan ke angka terdekat menjadi 200 cc.

Cek Ukuran Piston Motor

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu ukuran diameter piston motor dan panjang stroke. Tujuannya adalah agar kamu lebih mudah jika melakukan bore up atau stroke up, karena kamu sudah tahu kira-kira cc motor akan naik berapa cc.

Cara Menghitung CC Motor Menggunakan Volume Tabung

Rumus pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghitung cc motor yaitu dengan rumus volume tabung adalah phi x r x r x t dengan phi memiliki nilai 22/7 atau 3,14, r: jari jari silinder (1/2 diameter), dan t: tinggi stroke.

Sebagai contoh, sebuah motor Yamaha, All New Nmax tahun 2020 mempunyai ukuran piston dengan bore 58 mm x stroke 58,7 mm. Nah, dari keterangan ini, maka bisa didapatkan data r: 29 mm, t: 58,7 mm. Dengan demikian, maka cc= 3,14x 29 x 29 x 58.7 = 155.090.

Baca Juga :  Wajib Tahu Perbedaan Oli Mpx dan Spx serta Keunggulannya

Hasil akhir tersebut kemudia harus dibagi 100, sehingga menjadi 155 cc. Nah, dengan menggunakan rumus cara menghitung cc motor ini, kamu bisa mudah mengetahui kapasitas mesin motor.

Perlu kamu ingat sebelum menggunakan rumus volume tabung, kamu harus sudah tahu berapa ukuran bore dan stroke silinder yang digunakan oleh mesin motor.

Cara Menghitung CC Motor Menggunakan Aplikasi

Cara menghitung cc motor yang selanjutnya yaitu bisa menggunakan aplikasi. Semakin berkembangnya zaman, teknologi pun menjadi semakin canggih, termasuk munculnya aplikasi untuk menghitung cc motor.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka menghitung cc motor menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Kamu hanya perlu memiliki sebuah ponsel pintar Android untuk mengunduh aplikasinya.

Jadi, buka ponsel Android kamu dan bukalah aplikasi PlayStore. Kemudian, ketik ‘Motorun Engine Tools’ di kolom pencarian. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang bagus ya untuk mengunduh aplikasi ini.

Fungsi dari aplikasi ini adalah menghitung modifikasi mesin motor 4 tak dan 2 tak. Jadi, aplikasi ini bermanfaat sekali untuk pengguna individu maupun mekanik.

Menghitung CC Motor Menggunakan Konfigurasi Satu Silinder

Cara menghitung cc motor yang terakhir yaitu menggunakan rumus konfigurasi satu silinder. Rumus untuk konfigurasi satu silinder yaitu ‘cc = 0,785 X (D X D) X L’. Nah, rumus ini berguna untuk kamu yang ingin melakukan modifikasi ataupun untuk para mekanik.  Kamu juga bisa mengembangkan rumus ini sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara menghitung Cc piston

Leave a Reply

Your email address will not be published.