Cara Menyetel Wiper Mobil

Ketahui 4 Cara Menyetel Wiper Mobil

Wiper adalah salah satu komponen mobil yang perlu perawatan dan penyetelan khusus yang baik dan benar. Dengan mengetahui cara menyetel wiper mobil dan melakukan perawatan yang benar, maka komponen wiper bisa menjangkau semua permukaan kaca mobil kamu dengan baik.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menyetel wiper mobil yang benar seperti berikut ini.

Mempersiapkan Peralatannya

Langkah pertama yaitu kamu harus menyiapkan semua peralatan yang diperlukan untuk menyetel wiper mobil. Jangan khawatir karena peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan cukup sederhana.

Kamu hanya perlu memastikan bahwa tidak ada peralatan yang tertinggal. Lantas, apa sajakah peralatan yang dibutuhkan untuk menyetel wiper mobil?

Pertama, kamu membutuhkan kunci pass ukuran 12. Selain itu, kamu juga membutuhkan alat berupa baut dan sejumlah alat pendukung lainnya, seperti tang dan obeng.

Fungsi kunci pass ukuran 12 yaitu untuk membuka dan memasang baut pada pengunci wiper arm. Jadi, pastikan kamu menyiapkan kunci pass dengan ukuran yang sesuai, ya.

Membuka Tutup Wiper Arm

Cara menyetel wiper mobil yang selanjutnya yaitu membuka petutup wiper arm. Petutup wiper arm ini memiliki fungsi sebagai pelindung baut yang sudah mengunci komponen wiper.

Dengan penutup ini, maka wiper akan terlindung dari debu dan air hujan yang bersifat korosif atau bisa menyebabkan karat. Bukalah penutup ini dengan cara memutar dan menarik bagian penutup ini ke arah atas.

Mengendorkan Baut di Pengunci Wiper Arm

Cara menyetel wiper mobil yang selanjutnya yaitu mengendorkan baut di pengunci wiper arm. Kendorkan baut tersebut jika kamu melihat baut pengunci untuk menyetel wiper, jika kamu sudah membuka tutup wiper arm.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Ukuran Wiper Mobil Lengkap Terbaru

Kamu perlu mengendorkan baut pengunci tersebut dengan menggunakan kunci dan putar baut tersebut ke arah berlawanan. Pastikan kamu sudah mengendorkan baut pengunci tersebut sampai bagian pengunci terlepas.

Nah, setelah itu kamu perlu bersihkan baut dari semua kotoran dan debu. Apabila baut sudah terlepas, ketuk bagian pengunci supaya semua kotoran di dalam pengunci tersebut hilang dan bersih.

 

Setelah itu, kamu perlu menarik wiper arm hingga terlepas. Nah, apabila sudah bersih, maka kamu perlu memasang baut pengunci tersebut sesuai kebutuhan. Intinya, sesuaikan wiper arm dengan postur tubuh kamu.

Nah, apabila sudah sesuai dengan postur tubuh kamu atau pengemudi, maka kuncilan bagian wiper arm tersebut dan pasang kembali ke posisi awal. Lalu, putar sesuai dengan arah jarum jam.

Mencoba Setelan Wiper Arm yang Sudah Dirakit

Langkah selanjutnya yaitu kamu harus menyalakan saklar wiper arm dan pastikan bahwa wiper bisa bergerak baik. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahawa wiper mobil sudah terpasang dengan sempurna.

Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau wiper bergerak tidak melebihi bidang kaca. Nah, jika kamu sudah memastikan kedua hal tersebut, maka selanjutnya kencangkan kembali baut pengunci.

Kamu perlu mengencangkan baut pengunci tersebut dengan mempertimbangkan jangkauan dari gerakan wiper tersebut.

Apa Fungsi Wiper untuk Mobil?

Setelah kamu tahu cara menyetel wiper mobil, kamu juga perlu tahu apa fungsi wiper mobil. Fungsi dari wiper mobil yaitu untuk membersihkan kaca mobil, baik itu bagian belakang maupun depan.

Pembersihan wiper ini bisa bermanfaat untuk menghilangkan debu, minyak, dan air hujan serta semua kotoran yang menempel di bagian kaca mobil depan dan belakang kamu.

Jika wiper tidak berfungsi dengan baik, maka kondisi kaca mobil akan menjadi buram dan jarak pandang pun semakin kecil. Hal ini tentu akan membahayakan pengemudi.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah 50 Juta 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.